Kisah Tukang Becak yang Dapat Penghargaan Karena Menolong Perempuan yang Dijambret

By nova.id, Sabtu, 10 Oktober 2015 | 06:20 WIB
Ilustrasi (nova.id)

Seorang tukang becak bernama Andi Suhendi (35) diberi penghargaan oleh Kapolsek Karawaci Komisaris Joni Panjaitan seusai menolong seorang perempuan yang dijambret oleh dua orang, Selasa (6/10/2015) siang.

Humas Polres Metro Tangerang Komisaris Triyani menjelaskan, awalnya Andi sedang bersantai di pinggir Jalan M Toha, Tangerang, sebelum melihat ada dua orang menaiki sepeda motor yang mendekati korban bernama Dewi Angelia.

"Pelaku berinisial BH dan MR naik sepeda motor langsung ambil paksa tas korban sampai tali tasnya putus. Korban teriak minta tolong lalu didengar oleh Pak Andi ini," kata Triyani saat dihubungi, Jumat (9/10/2015) siang.

Saat kejadian itu, sekitar pukul 13.30 WIB, Andi melihat kedua pelaku belum terlalu jauh jaraknya. Andi dari arah berlawanan yang mendengar teriakan Dewi berusaha menghadang laju sepeda motor tersebut hingga satu pelaku berhasil ditangkap.

Baca juga: Tas Berisi Uang Rp 460 Juta Dijambret di Depan Bank

Ketika satu pelaku ditahan Andi, pelaku lainnya kabur dengan berlari. Andi pun berusaha mengejar pelaku yang mencoba kabur setelah pelaku sebelumnya yang dia tangkap tadi diserahkan ke petugas keamanan setempat.

Setelah dikejar, pelaku tersebut sempat bersembunyi di sebuah warteg. Namun usaha pelaku ketahuan oleh Andi hingga dia menyerah dan dibawa Andi ke Polsek Karawaci.

Triyani menuturkan, Andi mengaku mau mengejar pelaku tanpa alasan apapun. Andi hanya refleks mendengar teriakan minta tolong dan spontan mengejar kedua pelaku penjambretan.

"Hebat tukang becak itu. Dia juga bilang kalau enggak menyangka bakal kejar pelakunya. Padahal badannya itu kecil, loh," tutur Triyani.

Andi pun diberi penghargaan berupa piagam dalam upacara yang diselenggarakan oleh Joni, pagi tadi. Selain piagam, Andi juga mendapatkan santunan dari polisi sebagai tanda terima kasih telah membantu menangkap pelaku.

Andri Donnal Putera / Kompas.com