Krisdayanti Berbagi Tips Atasi Masalah Anak Susah Makan

By nova.id, Selasa, 13 Oktober 2015 | 08:06 WIB
Krisdayanti Berbagi Tips Atasi Masalah Anak Susah Makan (nova.id)

Menjadi ibu dari dua anak bernama Ariannha Amora Lemos (4) dan Kellen Alexander Lemos (3), diva Indonesia, Krisdayanti, juga tak luput dari masalah anak susah makan. Layaknya seorang ibu, istri dari Raul Lemos ini sempat diliput rasa khawatir soal bagaimana anaknya bisa mendapat asupan gizi yang cukup jika tak mau makan.

“Beberapa kali mereka sulit makan karena sedang mengalami tumbuh gigi. Saya sih bisa mengerti saat mereka menolak makanan. Makanya perlu cara lain agar gizi mereka tetap tercukupi,” ungkap penyanyi asal Batu, Malang ini.

Baca: 5 Cara Mudah Bikin Anak Nafsu Makan

Kedua anaknya, kata KD, memang memiliki karakter yang berbeda untuk urusan makan. Jika Amora cenderung lebih mudah makan, hal sebaliknya ditunjukkan oleh Kellen.

“Kalau Amora karena dari kecil susternya suka membuatkan makanan seperti ikan yang di-steam jadi dia lebih mudah makan. Dia juga suka makan macaroni dan keju. Nah, kalau Kellen ini memang cenderung lebih sulit. Entah kenapa, dia sangat pemilih untuk makanan. Cuma beberapa jenis makanan seperti tempe dan ayam goreng yang selalu menjadi pilihan Kellen,” cerita KD soal berbagi tips mengatasi anak susah makan.

Baca: Cegah Anak Susah Makan, Lakukan Kebiasaan Ini Sejak Bayi

Namun pada dasarnya, sulit makan yang dialami Amora dan Kellen tak berlangsung lama. Jika sedang doyan makan, mereka justru sudah bisa meminta makanan apa saja yang ingin mereka santap.

“Mereka itu kan suka sekali sama yang gurih dan crunchy. Makanya saya punya cara agar mereka bisa tetap makan, terutama makan sayur. Misalnya saja sayurnya saya aduk-aduk dengan nasi atau saya campur dengan kentang dan digoreng menjadi perkedel. Jadi setiap harinya menu untuk mereka variatif,” jelasnya tips mengatasi anak susah makan.

Baca: 8 Penyebab Si Kecil Mulai Sulit Makan

Selain menu, KD juga menerapkan aturan makan pada Amora dan Kellen, yaitu makan hanya di meja makan. Tujuannya, kata KD, agar mereka tetap fokus pada makanan dan tidak terlaihkan oleh televisi atau mainan. Awalnya, bocah-bocah itu sulit mengikuti aturan itu. Namun berjalannya waktu, mereka sudah terbiasa makan dengan teratur di meja makan.

“Mereka sudah punya momen khusus setiap makan. Amora dan Kellen selalu makan di meja makan dengan rapi dan selalu menyelesaikan makanan mereka sampai habis,” ucap KD bangga karena berhasil mengatasi masalah anak susah makan.

Baca: 5 Penyebab Serius yang Bikin Anak Susah Makan

Caroline Pramantie/TabloidNova