Ini Alasan Hubungan Seks Harus Dilakukan Dua Kali Seminggu

By nova.id, Jumat, 16 Oktober 2015 | 05:30 WIB
Ini Alasan Kesehatan Hubungan Seks Harus Dilakukan Dua Kali Seminggu (nova.id)

Seberapa sering Anda dan pasangan berhubungan seks? Setiap hari, hari-hari tertentu saja, atau hanya selama akhir pekan saja? Pasalnya, jawaban Anda soal frekuensi seks menjadi petunjuk kesehatan jantung. Saran terbaik ialah lakukan hubungan seks dua kali seminggu demi kesehatan.

Saran soal melakukan hubungan seks dua kali seminggu ini didasarkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology. Menurut penelitian tersebut, pria yang berhubungan seks dua kali dalam seminggu berisiko kurang terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak. Dan karenanya, untuk menurunkan risiko menderita penyakit kardiovaskular, seseorang harus memiliki kehidupan seksual yang aktif.

Baca: 8 Manfaat Seks untuk Kulit

Selama orgasme, hormon oksitosin dirangsang, yang akhirnya memiliki efek langsung pada menurunkan tekanan darah, sebagai faktor risiko utama penyakit jantung. Ketika seseorang mengalami stres, hormon yang dikeluarkan dapat menyempitkan pembuluh darah dan ini meningkatkan risiko serangan jantung. Namun, dengan seks, tingkat stres cenderung menurun, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

Aktivitas seksual juga membantu menurunkan berat badan, karena seks juga dikenal sebagai bentuk olahraga. Seks juga berpengaruh pada tidur, yang kesemuanya berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

Baca: Wow, Ternyata Manula Lebih Sering Berhubungan Seks Ketimbang Orang Muda!

Sebuah penelitian dalam psikologi Biologi mengungkapkan bahwa mereka yang terlibat dalam hubungan seksual khusus, tidak termasuk masturbasi, menurunkan tekanan darah sistolik dan ini menurunkan kemungkinan menderita penyakit jantung. Ini merujuk pada kesimpulan jika seks bermanfaat mencegah penyakit jantung.

Jadi, lakukan hubungan seks dua kali dalam seminggu tidak hanya membantu jantung tetap bugar dan sehat, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan.

Baca: Bentuk Pinggul Bisa Menunjukkan Kehidupan Seks Anda

K. Tatik Wardayati/intisari-online.com Sumber: Healthsite