Sponge Suit, Bikini Ramah Lingkungan untuk Bersihkan Polusi Air

By nova.id, Sabtu, 17 Oktober 2015 | 06:30 WIB
Sponge Suit, Bikini Ramah Lingkungan untuk Bersihkan Polusi Air (nova.id)

Kampanye kebersihan lingkungan ternyata tak melulu harus terlihat membosankan dan biasa saja. Malah, menyerukan aksi menjaga lingkungan dapat terlihat lebih modis dan menarik, salah satunya dengan dunia fashion.

Baru-baru ini, sekelompok orang kreatif merancang baju renang ramah lingkungan yang disebut sponge suit, yakni sepotong bikini ramah lingkungan yang bisa membersihkan polusi air saat berenang.

Orang-orang kreatif itu adalah Pinar Guvenc, Inanc Eray, Gonzalo Carbajo, dan Marco Mattia Cristofori. Bikini ini dibuat dengan bahan yang sangat fleksibel, dengan bahan pengisi berbasis karbon yang berfungsi seperti spons, yang bisa menyerap segala sesuatu dari lautan kecuali air.

Baca: Duh, Penyanyi Ini Hobi Tampil Pakai Lingerie dan Baju Tidur di Ruang Publik!

“Kami percaya bikini ini bisa menjadi hal yang besar berikutnya untuk mengurangi pengawasan terhadap bahaya kemajuan teknologi manusia,” ujar para penciptanya.

Bikini ini telah dirancang dengan sangat hati-hati, dengan harga yang sangat ekonomi, dan yang paling penting, ramah lingkungan. Dengan berat 54 gram, bikini ini juga mampu menyerap polutan 25 kali lebih berat dari bobotnya.

Selanjutnya, polutan yang terkumpul akan dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi, setidaknya mencapai 1.000 derajat celcius. Hasilnya akan berubah kembali menjadi cairan yang akan didaur ulang untuk Sponge Suit yang baru.

Baca: Britney Spears Berharap Kate Middleton Pakai Lingerie Koleksinya

Konsep bikini ramah lingkungan ini awalnya diinisiasi oleh timnya Mihri Ozkan, seorang profesor teknik listrik, yang meminta bantuan perusahaan desain milik Eray Carbajo untuk memanifestasikannya dalam bentuk sesuatu yang dapat dipakai. Dengan fungsi dan gaya, bikini ramah lingkungan ini telah dinobatkan sebagai pemenang ajang Reshape 15: Wearable Technology Competition, seperti dilaporkan oleh Metro UK.

“Ini adalah bahan super yang tidak berbahaya bagi lingkungan dan biaya produksinya sangat efektif,” tutur Ozkan. Sponge Suit diproduksi menggunakan printer 3D, dan menurut laporan Design Indaba, bahan materinya sangat bersih.

Meskipun belum tersedia di pasaran, para pencipta bikini ramah lingkungan ini telah mengklaim mereka siap untuk memproduksinya secara massal. Mereka juga berencana untuk menggunakan proses yang sama untuk membuat topi dan pakaian renang lainnya.

Baca: Victoria & David Beckham, Tambah Kaya Berkat Iklan Baju Dalam

Moh. Habib Asyhad/intisari-online.com Sumber: Daily Offbeat