Tinggal di 15 Negara ini Bikin Usia Lebih Panjang, Lo!

By nova.id, Selasa, 20 Oktober 2015 | 03:15 WIB
15 negara dengan masa hidup masyarakatnya yang paling lama berdasarkan rata-rata harapan hidup. (nova.id)

World Economic Forum (WEF) baru-baru ini merilis Global Competitiveness Survey yang tidak hanya menunjukkan kondisi keuangan sejumlah negara tetapi juga kesehatan populasi dunia. WEF menyusun daftar 15 negara dengan masa hidup masyarakatnya yang paling lama berdasarkan rata-rata harapan hidup.

Seperti yang diasumsikan banyak orang, semakin maju sebuah negara maka akan semakin besar kemungkinan harapan hidup yang dimilikinya. Hal ini disebabkan karena gaya hidup yang sehat dan akses yang mudah terhadap fasilitas kesehatan. Tapi, kemajuan sebuah Negara juga tidak mutlak membuat usia lebih panjang, karena masalah polusi udara maupun lingkungan serta gaya hidup tak sehat yang banyak dijalani oleh masyarakat urban.

Baca: Inilah 8 Negara dengan Pola Diet Paling Sehat di Dunia

Namun, yang menarik adalah adanya temuan bahwa beberapa negara memiliki harapan hidup yang rendah seiring dengan meningkatnya masalah kesehatan mental yang mengakibatkan keinginan melakukan bunuh diri.

Seperti yang dilansir oleh situs Business Insider, berikut 15 negara dengan usia hidup masyarakat yang paling lama. Posisi pertama diisi oleh Hong Kong dengan 83,5 tahun, kemudian Jepang dengan 83,1 tahun, menyusul Islandia dan Italia dengan 82,9 tahun.

Negara Swiss menduduki posisi keempat dengan 82,7 tahun, lalu Perancis dengan usia 82,6 tahun serta Spanyol dengan usia 82,4 tahun yang diikuti Australia dan Singapura dengan usia 82,1 tahun.

Baca: Wow! Inilah 10 Kota Paling Sehat di Amerika

Di posisi ke delapan, sembilan dan sepuluh diduduki oleh Swedia dan Israel dengan 81,7 tahun, kemudian Norwegia dan Britania Raya dengan 81,5 tahun dan terakhir Korea Selatand an Luxemburg dengan usia 81,4 tahun.

Arnaldi Nasrum/intisari-online.com Sumber: Business Insider