Studi: 627 Jam 28 Menit dalam Setahun Perempuan Khawatir Soal Penampilan

By nova.id, Selasa, 20 Oktober 2015 | 04:15 WIB
Studi: 627 Jam 28 Menit dalam Setahun Perempuan Khawatir Soal Penampilan (nova.id)

Perempuan ingin selalu terlihat cantik? Ah itu adalah hal yang biasa terjadi. Menariknya, karena tuntutan zaman dan teknologi serta sosial lingkungan, banyak perempuan yang mulai mengkhawatirkan penampilannya. Kondisi nyata ini semakin buruk menimpa para perempuan di Inggris.

Menurut studi yang dilakukan terhadap 2000 perempuan Inggris menemukan bahwa setiap tahun, rata-rata, perempuan Inggris khawatir tentang penampilan mereka selama 627 jam dan 28 menit. Atau dengan kata lain, perempuan menghabiskan 627 jam 28 menit untuk memikirkan penampilan mereka.

Hal-hal yang membuat perempuan gelisah dan khawatir adalah mencemaskan soal busana yang bakal dikenakan dan juga khawatir  soal pendapat orang lain terhadap busana pilihannya.

Namun, kekhawatiran mengenai berat badan adalah isu yang paling menggelisahkan. Selama lebih dari satu jam 46 menit per pekan, para perempuan menghabiskan waktu hanya untuk memikirkan apakah mereka sudah mencapai berat badan ideal?

Baca: Tak Kunjung Langsing, Ketahui 5 Kesalahan Fatal Saat Menjalani Diet

Studi juga menguak fakta bahwa para perempuan muda di Inggris rela buang waktu selama satu jam 46 menit untuk menutupi tumpukan lemak di tubuh. Sementara itu, 8 dari 10 perempuan mengaku bahwa mereka menghabiskan satu hari penuh untuk menutupi area tubuh yang bermasalah.

Studi yang diprakarsai oleh perusahaan tekstil, Invista, ini mengungkapkan bahwa perempuan merasa tidak percaya diri selama sembilan hari dalam satu bulan.

Baca: Jadi Nenek, 5 Artis Senior ini Tetap Nampak Cantik dan Awet Muda

Kemudian, secara lebih rinci studi membeberkan informasi bahwa untuk memilih busana sehari-hari, perempuan habiskan 50 menit dalam seminggu. Lalu, untuk memilih pakaian dalam, perempuan membutuhkan 39 menit dalam sehari. Selanjutnya, urusan payudara, perempuan habiskan 37 menit dalam sehari memikirkan bentuk dan penampilan payudara.

Kemudian, studi juga melaporkan para responden perempuan mengaku butuh 56 menit dalam sehari untuk menyamarkan bintik-bintik pada wajah. Terakhir, urusan rambut berminyak dan bagaimana penataannya, perempuan perlu lebih kurang butuh 57 menit.

Wah! Bagaimana dengan Anda? Berapa waktu yang Anda butuhkan untuk mengkhawatirkan penampilan?

Baca: Rahasia Cantik dan Langsing Perempuan Perancis

Lusina/KompasFemale