Lima Stadium Kanker Payudara yang Perlu Diketahui

By nova.id, Jumat, 23 Oktober 2015 | 04:45 WIB
Lima Stadium Kanker Payudara yang Perlu Diketahui (nova.id)

Kanker payudara dan kanker serviks menjadi jenis kanker yang paling banyak menyerang kaum perempuan. Dari gaya hidup yang tak sehat seperti merokok, alkohol serta makanan yang dikonsumsi, kanker payudara dapat menyerang siapapun.

Sedihnya, hampir setengah kasus kanker payudara baru disadari penderitanya sudah terlambat sehingga penanganannya juga menjadi sulit. Bagi Anda yang belum tahu, inilah lima stadium kanker payudara yang harus diwaspadai:

Stadium 0 Beberapa sel yang abnormal ada pada kelenjar di payudara atau pada saluran ductus dan berisiko berkembang jadi kanker. Pilihan penyembuhan sama dengan pasien kanker payudara dengan stadium 1.

Baca: Duh, Jauhi Pengobatan Medis Perburuk Kondisi Kanker Payudara!

Stadium 1 Stadium awal kanker payudara, ukuran tumor kurang dari 2 cm serta belum menyebar di luar payudara, contohnya pada kelenjar limfe atau pada organ lain.

Stadium 2 Stadium awal kanker payudara, ukuran tumor kurang dari 2 cm serta sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening di bawah lengan; atau ukuran tumor pada 2 serta 5 cm walau belum diperoleh penyebaran.

Baca: Penderita Jenis Kanker Payudara Menempati Urutan Pertama di Indonesia

Stadium 3 Stadium lanjut kanker payudara, ukuran tumor lebih dari 5 cm serta sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening di bawah lengan, atau kanker ada pada kelenjar getah bening di bawah lengan, atau kanker sudah menyebar di dekat tulang payudara atau jaringan lain di lebih kurang payudara.

Stadium 4 Kanker payudara sudah berlangsung penyebaran di luar payudara ke organ tubuh yang lain. Kanker pada stadium lanjut sangat membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Di sinilah perawatan paliatif akan sangat dibutuhkan.

Hilman Hilmansyah/TabloidNOVA