Waspada! Duduk Bersila Sebabkan Penyakit Saraf dan Hipertensi

By nova.id, Jumat, 23 Oktober 2015 | 07:00 WIB
Waspada! Duduk Bersila Sebabkan Penyakit Saraf dan Hipertensi (nova.id)

Duduk bersantai sambil menyilangkan kaki tanpa disadari sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Selain memberi rasa relaks, manfaat duduk bersila dianggap memberi rasa nyaman sambil mengobrol atau melakukan pekerjaan ringan.

Namun, sebuah penelitian mengungkapkan jika duduk bersila menyebabkan kerusakan saraf dan hipertensi. Benarkah seperti itu?

“Tidak ada efek kerusakan, asalkan tidak duduk dengan posisi yang sama sampai kaki terasa kebas,” berdasarkan laporan dari BBC.

Baca: Yoga di Rumah Tenangkan Otot yang Tegang

Walau anggapan duduk bersila dapat memicu varises, kerusakan saraf dan hipertensi, duduk dengan posisi kaki yang sama selama waktu yang cukup lama juga akan menyebabkan kelumpuhan saraf. Kondisi ini disebut peroneal nerve palsy, namun hal ini dapat terjadi pada posisi duduk apapun.

Meskipun studi mendapati jika posisi duduk sambil menyilangkan kaki berisiko tinggi meningkatkan tekanan darah, namun hal ini tidak berdampak jangka panjang. Tekanan darah bisa kembali normal bila posisi duduk pun kembali normal, kecuali jika Anda memiliki risiko besar mengalami pembekuan darah.

Baca: Ini Dia, Manfaat Yoga Ibu dan Anak

Nah, mengenai dampak duduk bersila memicu penyakit varises, ternyata hal ini belum terbukti. Satu pendapat mengutarakan jika varises lebih disebabkan faktor keturunan, tapi yang lainnya mengatakan jika menyilangkan kaki dapat merusak pembuluh darah sehingga terjadi kebocoran.

Menariknya, menyilangkan kaki ternyata memiliki manfaat, yakni sebagai cara sederhana menolong orang yang pingsan.

Muthia Zulfa/Kompas.com