Terapi Laser untuk Kecantikan Wajah di Tangan Spesialis

By , Sabtu, 24 Oktober 2015 | 08:45 WIB
Terapi Laser untUK Kecantikan Wajah di Tangan Spesialis (Nova)

Laser merupakan modalitas terapi yang banyak dicari dalam pelayanan bidang dermatologi. Terapi laser untuk kecantikan menjadi pilihan terapi karena indikasi terapi yang luas, tidak invasif, dan menjanjikan hasil yang cepat. Terdapat berbagai jenis laser kecantikan yang masing-masing memiliki kekhususan dalam terapi.

Ada 2 jenis laser untuk kecantikan seperti yang diutarakan oleh dr. Radityo Anugrah, Sp.Kk yang banyak digunakan untuk mengatasi keluhan di berbagai bidang dermatologi.

Laser Q-switch NdYag Jenis Laser Q-switch NdYag/QS NdYag banyak digunakan untuk keluhan pigmentasi meliputi peremajaan kulit (skin rejuvenation), melasma, freckles, bercak lahir, lentigo, bekas luka berwarna coklat, serta menghilangkan tattoo, bahkan mengatasi jamur kuku.

Baca: Facial Endermolift Bikin Kulit Wajah Cerah dan Kencang

Laser kecantikan jenis ini merupakan favorit, baik bagi pasien maupun operatornya, karena hasil pasca tindakan dapat terlihat langsung perbaikannya, bercak tampak memudar bahkan hilang. Hasil pasca tindakan Laser NdYag yang signifikan kadang menyebabkan baik pasien maupun operator menjadi agresif dalam penggunaannya.

Efek samping yang ditimbulkan dari laser Q-Switch NdYag Penggunaan yang tidak tepat dan berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping yang dapat bersifat permanen. Efek samping meliputi, kemerahan, hiperpigmentasi pasca inflamasi, hipopigmentasi pasca inflamasi, confetti hypopigmentation, lepuh, dan infeksi. Selama pengerjaan berlangsung terdapat sensasi nyeri yang dapat dikurangi dengan aplikasi krim anestesi saat melewati proses laser kecantikan.

Baca: Skin Rejuvenation untuk Cegah Penuaan Kulit akibat Pertambahan Usia

Laser Fractional CO2 Jenis Laser kecantikan Fractional CO2 banyak digunakan untuk memperbaiki tekstur permukaan kulit, yaitu pada skar akne, mengurangi garis halus dan kerutan sekitar mata, membantu mengurangi masalah pigmentasi, mengecilkan pori, peremajaan kulit, dan jerawat.

Pasien perlu diinformasikan mengenai “down time” pasca tindakan, kemerahan pada kulit bertahan beberapa hari, dan dapat terjadi pengelupasan kulit. Hal ini dikarenakan tujuan dari laser Fractional CO2 adalah untuk memperbaiki atau mengembalikan permukaan kulit sehingga tindakan menjadi lebih invasif.

Efek samping yang ditimbulkan Efek samping yang dapat timbul adalah hiperpigmentasi pasca inflamasi, lepuh, infeksi, serta jaringan parut.