Tips Memulas Lipstik untuk Bibir Kering dan Mengelupas

By , Selasa, 27 Oktober 2015 | 03:15 WIB
Tips Memulas Lipstik saat Bibir Sedang Kering dan Mengelupas (Nova)

Pernah mengalami kondisi bibir yang sangat kering hingga kulitnya mengelupas namun Anda terpaksa harus mengenakan kosmetik untuk kepentingan tertentu? Jika iya, Anda pasti merasa kesal karena pulasan lipstik menjadi tidak maksimal dan berantakan. Berniat menebalkan pulasan lipstik, tapi malah membuat hasilnya semakin tidak sempurna.

Dede Berliani, makeup artist profesional, membeberkan seputar tips memulas lipstik saat bibir kering dan mengelupas. Menurut Dede yang sehari-harinya bekerja sebagai penata rias di sebuah stasiun televisi swasta tersebut, kondisi bibir kering membutuhkan perlakuan khusus yang tidak boleh sembarangan.

Selain soal cara memulas, cara melapisi dan memilih warnanya pun disarankan untuk lebih berhati-hati. Pasalnya, salah sedikit saja, bibir malah nampak makin kering dan mengelupas.

Baca: Cantik berkat Mencampur Warna Lipstik

“Penyebab bibir kering bisa bermacam-macam, ya, mulai dari terlalu banyak merokok, minum alkohol, terpapar sinar matahari, kurang minum, kurang vitamin, atau terlalu banyak pakai makeup. Penyebab bibir kering lainnya juga dapat diakibatkan konsumsi obat jerawat atau sedang menjalani tahap perawatan wajah,” jelas Dede soal tips memulas lipstik saat bibir kering dan mengelupas.

Tips memulas lipstik saat bibir kering dan mengelupas dapat dimulai dengan langkah-langkah berikut:

Pertama, eksfoliasi sederhana dengan menggunakan sikat gigi lembut untuk mengangkat kulit yang mengelupas. Lupakan untuk mencoba mencabut kulit tersebut dengan tangan karena akan menimbulkan luka atau rasa perih.

Baca: Perempuan, Inilah Tips Membeli Lipstik Sesuai Kebutuhan

Kedua, berikan minyak zaitun secara tipis-tipis sesudah membersihkan kulit keringnya dengan sikat gigi. Kemudian tambahkan lip butter untuk melembapkan dan membuat permukaan bibir lebih licin dan lembap.

Ketiga, lapisi bibir dengan produk lip balm serta lip gloss bening terlebih dahulu secara tipis-tipis untuk memperbaiki tekstur permukaan bibir yang sedang mengering. Selanjutnya, tambahkan lipstik jenis glossy yang mampu memberi kilau bibir lebih kuat ketimbang lipstik jenis matte yang justru membuat bibir terlihat kering.

Baca: Inilah Teknik Terbaru Mengaplikasikan Lipstik

Keempat, tambahkan kembali lip gloss warna senada dengan pilihan lipstik Anda demi mengoptimalkan tampilan bibir.

“Jangan lupa menambahkan pulasan lipstik khusus anti UV agar bibir cukup terjaga kelembapannya. Hindari warna lipstik seperti nude, pink pucat maupun warna cokelat muda yang malah bikin bibir terlihat semakin kering. Lipstik warna nude jenis matte hanya akan membuat bibir menjadi terkesan kering,” saran Dede seputar tips memulas lipstik saat bibir kering.