4 Cara Tak Biasa untuk Meningkatkan Produktivitas

By nova.id, Kamis, 10 Desember 2015 | 07:41 WIB
Kiat Cerdas, Dukung Produktivitas (nova.id)

Teknologi diciptakan untuk mempermudah dan membuat hidup kita lebih nyaman. Termasuk untuk bekerja. Jadi selain buat chatting, bersosialisasi, dan selfie, manfaatkan gadget cerdas Anda untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Download aplikasi yang bisa mendukung pekerjaan seperti pengolah data, presentasi, budgeting, pencatat jadwal dan lainnya. Anda tinggal memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan di AppleStore (IOS) danPlayStore (Android).

Agar ponsel pintar bisa mendukung pemakaian secara maksimal, jangan lupa pilih paket data yang memadai. Buat simulasi berapa jumlah pemakaian Anda perbulan. Misal 2 GB, 4GB, atau bahkan lebih.

Dengan begitu Anda bisa mengontrol pengeluaran. Prinsip utamanya jangan sampai saat membutuhkannya, eh kuota habis. Sementara wifi gratis pun tak tersedia dalam jangkauan. Repot, kan? Sekarang tak perlu sulit memikirkan di mana harus sewa kantor yang strategis untuk bekerja atau bertemu klien, misalnya. Kita bisa ngantor sambil ngopi di kafe atau menumpang di perpustakaan umum yang nyaman.

Di Jakarta, ada beberapa perpustakaan publik yang menyenangkan. Misal Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta di Jalan Cikini Raya No. 73, www.bpadjakarta.net, Perpustakaan Japan Foundation, Jalan Jenderal Sudirman Kaveling 61-62, www.jpf.or.id, Perpustakaan Goethe-Institut, Jalan Sam Ratulangi 9-15 Jakarta, Perpustakaan Public Information Center World Bank of Jakarta, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53 www.worldbank.org/id, Perpustakaan Freedom Institute, Jalan Proklamasi No. 41, Menteng, Jakarta Pusat, freedom-institute.org.

Selain perpustakaan, Anda bisa menumpang bekerja dengan menyewa coworking space yang di-charge per jam. Contohnya Comma Coworking Space di Jalan Wolter Monginsidi No.63B, www.comma.co.id. Untuk menyewa space selama 3 jam Anda dikenai Rp90.000, sudah termasuk free internet access dan free flow drinks.

Selain meningkatkan produktivitas kerja karena suasana baru, Anda juga bisa bertemu dengan orang-orang baru yang memberi peluang untuk kolaborasi. Bahkan menyewa tempat untuk penyelenggaraan event tanpa memikirkan peralatan pendukung seperti pengeras suara dan peranti presentasi standar.

Menunggu adalah waktu yang paling menyebalkan. Bayangkan waktu yang tersia-sia saat menunggu antrean panjang di rumah sakit, menunggu Si Kecil bersekolah atau tempat-tempat lainnya.

Jangan biarkan waktu mubazir hanya dengan melamun atau mengomel berkepanjangan. Manfaatkan waktu yang tersedia untuk mengutak-atik pekerjaan. Atau tengok sekeliling Anda. Berkenalanlah dengan satu dua orang yang Anda anggap memasang wajah “siap disapa”.

Menambah pertemanan tidak pernah ada ruginya. Siapa tahu, orang yang duduk menunggu di sebelah Anda adalah calon klien potensial di masa datang. So mulai sekarang, ganti wajah bête Anda saat menunggu. Pasang senyum terbaik Anda, dan lihat kejutan apa yang menunggu. Traveling Time

Bepergian untuk liburan, sih, rasanya nikmat. Perjalanan adalah bagian yang mestinya juga dinikmati selain destinasi. Yang dimaksud di sini adalah waktu perjalanan yang biasa kita tempuh sebagai bagian dari rutinitas kerja yang biasanya diwarnai macet dan menghabiskan waktu yang cukup panjang.

Bila beruntung punya sopir atau Anda menumpang commuter line, patas AC, atau moda tranpsortasi lain yang memadai untuk bekerja, gunakan waktu perjalanan untuk membersihkan inbox, membalas e-mail, membuat draft presentasi, browsing ide dan lainnya. Kalau sudah produktif begitu, macet tak (terlalu) terasa mengganggu lagi.  

Emma Aluddin