Kate Middleton, Pilih Tiara Papyrus

By , Minggu, 8 November 2015 | 03:00 WIB
Kate Middleton (Nova)

etelah lebih dari empat tahun mendapat gelar Her Royal Highness, Kate menghadiri pesta jamuan makan malam pertamanya bersama dengan 170 tamu kehormatan. Menurut peraturan, anggota wanita kerajaan harus mengenakan gaun malam dan tiara di acara penting itu. Tiara yang dikenakan biasanya koleksi Sang Ratu yang dipinjamkan kepada mereka.

Di antara tiara berharga koleksi Ratu, Kate memilih Tiara Papyrus atau yang sering disebut Tiara Bunga Lotus, untuk dikenakan di acara jamuan makan malam dalam rangka menyambut rombongan Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Tiara Bunga Lotus ini telah menjadi koleksi pribadi Ratu Elizabeth dan telah diwariskan turun-temurun oleh keluarga kerajaan sejak tahun 1920-an.

Jauh sebelum acara jamuan makan malam, masyarakat sudah sibuk menerka tiara yang manakah yang akan dikenakan istri Pangeran William itu? Maklum saja, karena Ratu Elizabeth memiliki beberapa koleksi tiara yang sangat berharga dan memiliki sejarah masing-masing.

Seperti The Spencer Tiara, yang pernah dikenakan oleh mendiang ibu mertuanya, Duke of Cambridge’s, Diana. Diana pertama kali mengenakan tiara Spencer, benda pusaka keluarga tersebut, ketika menikah dengan Pangeran Charles, Juli 1981. Tiara tersebut merupakan perpaduan desain antara bunga yang dibentuk dengan diamond dan perak.

Koleksi berikutnya, Cambridge Lover’s Knot Tiara. Tiara ini sebelumnya diberikan kepada Diana, oleh Ratu Elizabeth sebagai hadiah pernikahan. Semenjak itu, Diana terlihat sering mengenakannya. Tiara dengan berlian berlapiskan mutiara ini dibuat pada 1914 dengan 19 lengkungan, yang tiap lengkungnya bertakhtakan mutiara khas Asia Timur.

Tiara lainnya adalah tiara Vladimir, tiara Cartier Halo (yang pernah Kate kenakan di hari pernikahannya dengan Pangeran William, 2011 lalu), tiara Strathmore Rose, Tiara Queen Alexandra’s Russian Kokoshnik dan tiara Queen Mary’s Girls of Great Britain and Ireland. Tiara yang terakhir merupakan favorit Ratu Elizabeth yang sering ia kenakan di acara kerajaan.

Namun di antara tiara yang memiliki kemewahan dan sejarah tersendiri, Kate memilih tiara Papyrus. Pemilihan Kate atas gaun yang dikenakan juga menjadi pembahasan hangat di masyarakat. Ia memilih gaun panjang berwarna merah karya desainer favoritnya, Jenny Packham. Alasan Kate memilih warna tersebut juga dinilai sangat tepat, bukan saja warna merah terdapat dalam bendera Tiongkok, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan karena warna merah disimbolisasikan sebagai keberuntungan dan kebahagiaan di negeri Tiongkok.

Svaradiva Anurdea Devi