Tak Nyaman dengan Bentuk Tubuh, Penyebab Gairah Seksual Pria Menurun di Ranjang

By nova.id, Selasa, 3 November 2015 | 04:00 WIB
Tidak Nyaman dengan Bentuk Tubuh, Penyebab Gairah Pria Menurun di Ranjang (nova.id)

Tak hanya perempuan yang memedulikan penampilan mereka di hadapan pasangan, para pria pun merasakan hal serupa. Ternyata penyebab gairah seksual pria menurun bisa disebabkan saat pria tidak nyaman dengan bentuk tubuhnya. Atau dengan kata lain, rasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh menyebakan gairah seksual pria menurun.

Dr Pam Spurr, penulis Sexy Tips: A Couple's Guide to Uninhibited Sexual Pleasure, mengatakan dampak jika pria merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuhnya sendiri, maka ia akan “membiarkan” dirinya untuk mengonsumsi makanan apapun sehingga membuat berat tubuhnya makin meningkat. Kepercayaan diri pun memudar, termasuk saat melakukan aktivitas seksual. Ini menjadi penyebab gairah seksual pria menurun karena rasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya.

Baca: Gairah Seks Menurun? Coba Konsumsi Bawang!

“Tapi kabar baiknya, keadaan seperti itu masih bisa diselamatkan. Cobalah jalan-jalan bersamanya, lakukan hobi yang sama. Setelah Anda berhasil membangun beberapa aktivitas bersama, maka mulai kendalikan dirinya untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat,” saran Dr Spurr soal cara meningkatkan gairah pria dengan rasa percaya diri.

Baca: 5 Problem Serius Ini Bisa Runtuhkan Gairah Seks Suami Istri

Selanjutnya, tingkatkan kepercayaan diri mengenai citra tubuhnya. Mintalah padanya untuk berbagi semua keluh kesah yang ia hadapi, baik bicara langsung maupun melalui hubungan telepon atau email. Dengan begitu, si dia akan belajar bagaimana membangun komunikasi dengan pasangan, dan mengalihkan emosinya termasuk mencegahnya "melarikan" diri pada makanan.

Baca: Gairah Menurun, Obat Kuat Bukan Jaminan

Terkait kehidupan seks pasangan menikah, tetaplah berbicara dengannya. Katakan padanya Anda akan lebih senang dengan aktivitas foreplay daripada seks penetratif penuh. Hubungan seks yang bahagia adalah ketika Anda memahami kebutuhan masing-masing dan siap untuk memberi serta menerima. Termasuk kaitannya dengan rasa tidak percaya diri akan bentuk tubuh yang menyebabkan gairah seksual pria menurun.

Begitu dia sedikit lebih aktif, makan menjadi lebih baik, dan lebih banyak terbuka berbicara dengan Anda, aktivitas seksnya pun mungkin akan meningkat. Tapi jika dia masih tertekan, ia mungkin memerlukan pengobatan lebih lanjut dengan tenaga ahli.

Baca: Hormon Seks Berkurang, Gairah Menurun

K. Wahyu Utami/Kompas.com