Kisah Joko Tinggal Satu Rumah Dengan Sembilan Istri

By nova.id, Jumat, 6 November 2015 | 02:41 WIB
Setyo Joko Sunaryo beserta enam istri dan anak-anaknya (nova.id)

Setyo Joko Sunaryo (38) atau yang biasa dipanggil Naryo atau Narjo, warga Kota Ngabang memiliki sembilan istri dan 16 orang anak.

Ternyata dari ke sembilan istrinya tersebut tidak semuanya gadis, tetapi lima di antaranya adalah janda.  Namun karena niatnya mau menolong sang janda untuk dinafkahi, maka ia menikahi dengan menjadikannya istri.

Namun saat ini hanya ada enam istri yang serumah dengannya, sebab satu sudah cerai, satu meninggal, dan satu lagi sekolah di Belanda.

Ia menjelaskan,   kehidupannya saat ini berjalan dengan damai. "Saya merasa senang dan bahagia, sampai saat ini tidak permasalahan," ujarnya kepada wartawan pada Rabu (4/11/2015).

Baca juga: Kecewa Pak RT yang Dicintainya Sudah Beristri, SPG Ini Nekat Bakar Diri

Istri pertamanya  seorang gadis dan sudah bercerai. Istri kedua seorang janda, istri ketiga janda fakir miskin, istri keempat seorang janda, kelima janda, dan keenam juga janda. Sehingga yang gadis hanya istri pertama, ketujuh, kedelapan, dan kesembilan.

"Jadi tujuan saya adalah menolong mereka (janda), memberikan nafkah lahir batin dan mencukupkan mereka. Selama ini dengan apa yang saya lakukan, mereka juga merasa bahagia, sangat senang. Seolah-olah mereka berpikir, punya suami tapi tidak merasa dimadu di dalam kehidupan sehari-hari," terangnya.

Hingga saat ini ia mengaku tidak membedakan diantara satu dengan yang lainnya.

Alfons Pardosi / Tribun