Tips Agar Tak Mudah Tergoda Cicilan Belanja Kartu Kredit

By nova.id, Jumat, 6 November 2015 | 09:00 WIB
Tips Agar Tak Mudah Tergoda Cicilan Belanja Kartu Kredit (nova.id)

Bagai dua mata sisi yang bisa menguntungkan dan merugikan, begitulah tabloidnova.com mengungkapkan fungsi kartu kredit di zaman modern seperti sekarang. Entah karena memberi kemudahan pembayaran serta fasilitas cicilan bahkan tanpa bunga, belanja dengan kartu kredit, toh, membuat kita mau tak mau harus bersikap cerdas. Alih-alih ingin memiliki barang impian, jumlah pengeluaran kita jadi membengkak nantinya.

Menggodanya lagi, terkadang kartu kredit memberikan promosi diskon belanja cukup besar yang bekerja sama dengan beberapa merchant ternama, sehingga sulit rasanya menolaknya. Ya, kan?

Tapi, apa jadinya kalau manfaat belanja pakai kartu kredit ini justru menyebabkan kita membeli barang yang tidak penting? Tentu saja, barangnya jadi tidak bermanfaat dan uang yang kita bayarkan terbuang begitu saja. Berbahayanya lagi, kita tidak hanya membeli satu barang saja, tapi tergoda untuk membeli berbagai jenis barang. Berikut tips agar tak mudah tergoda belanja cicilan kartu kredit dari Tejasari, Certified Financial Planner, pada tabloidnova.com:

Baca: Bijakkah Memakai Kartu Kredit untuk Investasi?

Tagihan kartu kredit seolah kecil, tapi nyatanya besar Tips agar tak mudah tergoda belanja cicilan kartu kredit yang pertama ialah memahami bahwa tagihan kartu kredit memang seolah kecil karena sudah dibagi beberaap bulan. Sayangnya, tagihannya akan semakin berlipat dengan pembelian banyak barang. Ujung-ujungnya tanpa kita sadari utang kita sudah berlipat ganda.

Baca: 5 Tips Pintar Menggunakan Kartu Debit

Bedakan kebutuhan atau keinginan Selalu bertanya setiap mau menggunakan manfaat cicilan 0 persen tersebut, apakah ini kebutuhan atau keinginan. Perbedaannya ialah, barang yang kita butuhkan, tentu saja perlu untuk dibeli. Kalau ada uangnya, bayar saja langsung secara tunai tanpa harus menggunakan kartu kredit. Kalau uangnya baru ada setelah gajian, maka kita menggunakan kartu kredit dan dibayar semuanya pada tanggal jatuh tempo. Tidak perlu mencicil kalau memang ada dananya. Kalau ini hanya sekedar keinginan, maka tahan diri Anda agar tidak membuang uang untuk barang yang sebenarnya tak perlu.

Baca: Jangan Tinggalkan Kartu Kredit pada Pelayan Resto

Pilih dan manfaatkan periode cicilan pembayaran kartu kredit yang paling singkat Kalau Anda tidak memiliki uang namun ada kebutuhan yang mendesak, maka sebaiknya memanfaatkan program cicilan ini dengan periode sependek mungkin, misalnya 3 bulan saja.

Jangan menganggap enteng cicilan 0 persen Walaupun program cicilan 0 persen membuat tagihan sangat kecil dan dirasa tidak akan menganggu keuangan kita, tetapi kalau semakin banyak barang yang kita beli dan semuanya dicicil, maka tanpa disadari akan semakin menumpuk total tagihan kartu kredit.

Baca: Memutus Ketergantungan Kartu Kredit

Jangan membawa kartu kredit saat berpergian santai dan sekedar nongkrong Jika Anda termasuk yang susah sekali untuk tidak berbelanja, sebaiknya tidak membawa kartu kredit saat pergi ke mal atau pusat perbelanjaan. Bawa saja kartu debit, dengan dana yang sudah tersedia. Kartu debit akan sangat membantu kita untuk menahan diri dari berbelanja barang yang tidak penting, karena dana yang tersedia juga terbatas.

Selamat mencoba tips agar tak mudah tergoda cicilan belanja kartu kredit