Benarkah Mencabut Uban Membuatnya Tumbuh Lebih Banyak?

By nova.id, Selasa, 24 November 2015 | 12:08 WIB
Bolehkah mencabut uban? (nova.id)

Cepat atau lambat, uban akan tumbuh. Ada beberapa orang yang membiarkannya tumbuh terus, ada pula yang memilih menutupinya dengan cat rambut. Selain itu, khususnya bila keberadaan uban hanya ditemukan satu hingga dua helai di kepala, tak sedikit orang yang memilih mencabut uban.

Tapi benarkah mencabut uban berarti membuat ia tumbuh lebih banyak?

Ada beberapa orang percaya bahwa ketika kita mencabut uban maka akan tumbuh satu, dua, hingga tiga uban kemudian. Dengan kata lain, mencabut uban sama saja dengan memperbanyak uban. Benarkah hal ini?

Baca: Rambut Beruban Bisa Dialami Wanita Sejak Muda

Mitos ini ternyata bukan hanya ada di Indonesia, karena hampir semua penduduk dunia nyaris mempercayainya.

Faktanya, Randy Scheuller, pakar kosmetik sekaligus penulis mengungkap, mencabuti uban sebenarnya hal yang aman-aman saja dilakukan.

“Namun, ketika kita mencabut uban, sebenarnya folikel rambut tak akan ikut tercabut. Sehingga, uban akan tumbuh lagi di tempat yang sama,” ujarnya seperti ditulis di Huffington.

Scheuller menambahkan, mencabut sehelai rambut tak akan berpengaruh apa-apa pada rambut di sekelilingnya. Mencabut uban juga tak membuat uban tumbuh lebih banyak.

Baca: 5 Kesalahan Rambut yang Justru Merusak Penampilan

“Tapi harus tetap dipertimbangkan bahwa mencabut rambut, misalnya menggunakan pinset, akan menyebabkan kerusakan permanen pada folikel rambut.”

Selain itu, sering mencabut rambut tak membuat uban Anda tumbuh sebagai rambut hitam lagi. “Malah, bila terlalu sering dicabut hingga folikel rusak, bisa membuat rambut tak tumbuh sama sekali di area tersebut.”

Hmm, sepertinya rambut beruban jauh lebih baik daripada Anda mengalami kebotakan, bukan?

Baca: 7 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok