Perjalanan Jauh Jadi Menyenangkan Bila Kabin Wangi

By nova.id, Minggu, 13 Desember 2015 | 04:01 WIB
Kabin Wangi Bikin Happy (nova.id)

Tabloidnova.com - Kabin mobil yang berbau apek atau tak sedap tentu akan sangat mengganggu perjalanan. Pengemudi dan penumpang di dalamnya akan merasa tak nyaman, bahkan bagi sebagian orang, bau apek di dalam kabin mobil bisa membuat mual dan pusing.

Bau apek di dalam kabin mobil bisa disebabkan banyak hal. Mulai saluran AC, karpet mobil, sampai kebiasaan merokok atau makan dan minum di dalam mobil. Yang jelas, jika muncul bau tak sedap atau bau apek di dalam kabin, yang harus Anda lakukan adalah mencari sumbernya.

Bisa jadi, bau tak sedap itu hanya karena sirkulasi udara. Coba buka lebar-lebar pintu dan jendela mobil, lebih baik jika kondisi sedang cerah dan banyak cahaya matahari. Biarkan beberapa saat, setelah itu tutup kembali. Jika masih muncul bau tak sedap, kemungkinan penyebabnya bukan dari sirkulasi udara di dalam mobil.

Bisa jadi bau bersumber dari saluran AC yang kotor. Jika ini yang terjadi, satu-satunya jalan adalah dengan membersihkan saluran tersebut. Beberapa mobil telah dilengkapi filter udara pada AC untuk menyaring udara kabin yang kemudian diputar kembali oleh AC sebagai udara dingin.

Cobalah periksa sistem AC mobil Anda. Bersihkan filter AC secara rutin agar kotoran yang melekat bisa dienyahkan. Atau kalau mau mudah dan sekaligus menjangkau evaporator, bisa dipakai pembersih AC aftermarket. Bila ternyata masih bau, artinya Anda harus mengeluarkan dan membersihkan evaporator.

Karpet yang lembap juga penyebab bau tak sedap di dalam kabin. Bisa saja karpet tersebut basah akibat minuman atau makanan yang tumpah, atau terendam air akibat banjir. Hujan yang mulai rajin turun belakangan ini juga bisa membuat kabin menjadi berbau tak sedap. Sepatu atau alas kaki yang basah ketika masuk ke dalam mobil membuat karpet menjadi basah. Jika tak segera dibersihkan dan dikeringkan, maka bau tak sedap pasti segera muncul.

Coba keluarkan karpet supaya mudah dibersihkan. Jika perlu cuci dan jemur di bawah matahari sampai benar-benar kering. Jika ada noda di karpet yang sulit diangkat, bisa menggunakan sikat nylon halus. Sikat halus juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan kotoran yang menjadi sumber bau di sela-sela jok.

Sebetulnya, untuk mencegah timbulnya bau di kabin mobil, cara paling mudah adalah dengan mencuci dan membersihkannya secara berkala. Anda bisa melakukannya sendiri atau menyerahkannya ke salon perawatan mobil. Kotoran dan cairan yang tertinggal di dalam kabin yang berpotensi menimbulkan bau apek juga dapat dihilangkan.

Jika Anda berniat membersihkan sendiri mobil Anda, termasuk bagian kabin atau interior, lepas lebih dulu jok dan jemur di bawah panas matahari. Pastikan debu-debu yang menempel hilang. Keluarkan juga karpet-karpet pelapis mobil. Bersihkan kotoran atau sisa makanan hingga bersih, termasuk yang menyelip di bawah jok, saku belakang jok dan cup holder. Untuk membuang kotoran yang kecil atau remah-remah, Anda bisa menggunakan kuas atau sikat pakaian. Sementara untuk yang lokasinya terselip, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner.

Siapkan juga lap yang bisa menyerap air atau kotoran seperti chamois. Namun perhatikan bahan joknya. Jika jok terbuat dari bahan kulit, Anda bisa melapnya dengan chamois. Jika jok menggunakan bahan berjenis fabric, Anda harus menggunakan cairan pembersih jok khusus.

Setelah dipastikan karpet dan jok bersih, kembalikan jok dan karpet ke posisinya. Agar lebih wangi, semprotkan pengharum ruangan atau pasang pewangi kabin. Supaya lebih optimal, coba nyalakan mobil dan aktifkan AC selama beberapa saat.  

Taburkan Kopi

au tak sedap atau bau apek juga bisa dihilangkan dengan cara-cara sederhana. Misalnya dengan menggunakan bubuk kopi hitam. Taburkan bubuk kopi tersebut ke area di mana bau tak sedap muncul. Anda bisa membungkus bubuk kopi tersebut supaya tidak bertebaran.

Anda juga bisa menggunakan bedak. Misalnya jika ada bekas tumpahan di karpet dasar yang menempel di lantai. Taburkan bedak di tempat yang terkena tumpahan tersebut dan tunggu selang beberapa saat, setelah itu bersihkan dengan menggunakan sikat atau alat penyedot debu.

Jika anda tak menyukai aroma kopi atau bedak, Anda dapat menggunakan kulit jeruk. Cukup dengan menyebarkan beberapa lembar kulit jeruk di sudut-sudut kabin, biarkan selama beberapa waktu hingga kulit-kulit jeruk tersebut kering dengan sendirinya.

Pilihan yang lebih modern dan paling praktis adalah dengan menggunakan air purifier khusus untuk mobil. Alat ini mampu menghilangkan aroma tak sedap pada kabin mobil dalam sekejap. Cara ini juga bisa Anda lakukan jika sumber bau di dalam kabin adalah dari asap rokok.

Hasto/berbagai sumber