2 Alasan Konsep Pesta Pernikahan Minimalis Sederhana Lebih Dipilih Pengantin

By nova.id, Kamis, 3 Desember 2015 | 07:00 WIB
2 Alasan Konsep Pesta Pernikahan Minimalis Sederhana Lebih Dipilih Pengantin (nova.id)

Sejak dulu hingga sekarang, pesta pernikahan yang digelar meriah dan mewah kerap dikaitkan oleh kemapanan keluarga pasangan mempelai pengantin. Bila resepsi pernikahan diadakan di hotel atau ballroom berbintang lima, kesan sukacita seakan lebih terasa dengan mengundang banyak tamu.

Namun, tidak jarang pula calon pengantin yang menginginkan konsep pesta pernikahan yang lebih minimalis dan sederhana. Sebut saja, seperti pernikahan penyanyi Andien-Ippe yang baru saja digelar tahun 2015.

Menurut Billy, co-founder Maestro Wedding Organizer, ada dua alasan utama mengapa banyak calon pengantin memilih konsep pesta pernikahan yang lebih minimalis dan sederhana.

Baca: 3 Tren Pesta Pernikahan Tahun 2015 Terkini

Pertama karena ingin pernikahan terasa intim yang hanya ditujukan bagi keluarga dan teman-teman terdekat kedua mempelai. Diakui Billy, pasangan calon pengantin lebih mengutamakan pihak-pihak terdekat sebagai tamu dalam pesta pernikahan mereka.

"Mereka bukan tipe orang yang suka suasana meriah dan megah. Karena memang dalam pernikahan yang penting adalah makna dari pernikahan itu sendiri. Inginnya teman-teman dekat hadir dan berbahagia bersama," kata Billy pada KompasFemale.

Baca: Melirik Tren Green Wedding: Konsep Pernikahan Ramah Lingkungan

Alasan kedua mengapa konsep pesta pernikahan minimalis dan sederhana lebih diminati ialah karena unik.

Billy menjelaskan, pesta pernikahan besar yang melibatkan ratusan hingga ribuan undangan acapkali dipandang oleh calon pengantin sebagai konsep pesta pernikahan yang sudah terlalu umum. Oleh karena itu, pasangan calon pengantin memutuskan untuk menciptakan konsep pernikahan yang baru dan unik.

Baca: Ini Alasan Pesta Pernikahan Lebih Tepat Digelar Setelah Lebaran

Konsep pernikahan yang lebih intim diungkapkan Billy juga bisa terinspirasi dari banyak hal. Misalnya dari film atau sang calom pengantin mendapatkan saran lokasi pesta pernikahan yang tidak pasaran.

"Untuk acaranya sendiri berbeda dengan konteks pernikahan umumnya. Mereka (kedua mempelai) lebih memperhatikan interaksi hangat dengan tamu undangan selama acara berlangsung," tutupnya.

Sakinah Rakhma Diah Setiawan/KompasFemale