Perbedaan Makna Ciuman untuk Perempuan dan Laki-Laki

By nova.id, Kamis, 3 Desember 2015 | 07:27 WIB
Agar Lebih Jago Ciuman Ini yang Perlu Anda Lakukan (nova.id)

Ada perbedaan makna ciuman untuk perempuan dan laki-lakiSebuah riset ekstensif telah menginvestigasi mengenai kuantitas signifikan antara laki-laki dan perempuan mengenai kecupan dan kasih sayang. Perempuan, ternyata lebih sering berciuman ketimbang pria.

Dalam riset itu disebutkan, perempuan memaknai ciuman sebagai ekspresi cinta dan kasih sayang.

Sementara pria, melihatnya sebagai hasrat untuk bercinta. Itulah hal pertama yang menunjukkan perbedaan makna ciuman untuk perempuan dan laki-laki.

Pada studi yang dipimpin oleh Susan Hughes dari Albright University dan Gordon Gallup dari University of Albanya ini, diungkap bahwa setengah responden pria bersedia bercinta tanpa ciuman terlebih dulu.

Studi lain di Department of Experimental Psychology di University of Oxford Inggris terhadap 308 responden pria dan 549 responden perempuan, mengatakan bahwa perempuan memaknai ciuman sebagai bentuk kedekatan hubungan, seleksi pasangan, dan perasaan mendalam.

Dari studi tersebut juga disebutkan, makna ciuman untuk perempuan sangat mendalam, sampai-sampai perempuan tidak bisa memberikan ciuman pada seseorang tanpa perasaan cinta dan rasa peduli yang tinggi.

BACA: 5 Hal yang Paling Diinginkan Pria Saat Bercinta

Pada perempuan, respon berciuman pada pria yang ia cinta akan memberikan reaksi nyata pada organ tubuh lainnya.

Para responden wanita di studi tersebut mengatakan bahwa ciuman merupakan faktor penting dalam sebuah hubungan. Sebab, hal itu merefleksikan kedalaman hubungan emosional.

Oleh karena itu, studi pun menyimpulkan bahwa fase foreplay atau pemanasan yang hangat bisa memprediksi kualitas bercinta.

Bisa disimpulkan, perempuan tidak bisa bercinta tanpa adanya kecupan dan ciuman dari pasangan.

Namun di pihak lain yang terjadi justru sebaliknya. Pasalnya, pria merasa tidak terlalu mempermasalahkan ciuman sebelum bercinta. Bagi mereka, tak ada perbedaan signifikan antara ada atau tidaknya kecupan sebelum bercinta.

Sumber: Kompas Female