6 Gerakan Latihan Menjaga Kesehatan Tulang untuk Cegah Osteoporosis

By nova.id, Jumat, 4 Desember 2015 | 06:00 WIB
6 Gerakan Latihan Menjaga Kesehatan Tulang untuk Cegah Osteoporosis (nova.id)

Menabung ternyata tak hanya dalam bentuk uang saja, lo! Tapi, menabung bisa juga dalam bentuk latihan, yaitu latihan untuk mencegah osteoporosis atau tulang keropos. “Tujuan dari latihan ini untuk menguatkan kekuatan otot-otot, yang pada akhirnya akan menguatkan tulang,” jelas Dr. Michael Triangto, SpKO., Sports Medicine Specialist dari Slim+Health Sports Therapy.

Tentu saja sekaligus melatih keseimbangan dan koordinasi gerakan tubuh. Seperti diketahui penderita osteoporosis terjadi pada orang yang berusia lanjut. “Mereka akan mengalami penurunan fungsi otot, kekuatan otot termasuk juga koordinasi.”

Berikut  beberapa gerakan latihan menjaga kesehatan tulang untuk mencegah osteoporosis yang bisa dipraktikkan di rumah. Selamat mencoba! 1.Leg Extension. Duduk di atas kursi dengan posisi tegak. Lalu, angkat kaki kiri setinggi 5-6 cm sejajar dengan paha.

Lalu angkat lagi ke atas sebanyak 90 derajat, sambil dipegang dan didorong. Lakukan untuk kaki sebelah kanan.

Waktu: saat mengangkat dan menurunkan kaki lakukan 8 hitungan sebanyak 3 set. Fungsi: untuk menguatkan otot bagian paha.  

2.Leg Curl. Siapkan matras lalu rebahkan badan dalam posisi telungkup , letakkan tangan di samping wajah. Tekuk kaki kiri ke dalam dan keluar. Lakukan bergantian untuk kaki kanan.

Waktu: saat mengangkat dan menurunkan kaki lakukan 8 hitungan sebanyak 3 set. Fungsi: untuk mengutakan otot bagian belakang.