Kisah Menyentuh Finalis PIN 2015, Perempuan Inspiratif di Wirausaha dan Seni Sosial Budaya

By nova.id, Sabtu, 5 Desember 2015 | 14:15 WIB
Maizida Salas, Finalis Perempuan Inspiratif NOVA 2015 dari kategori Seni Sosial Budaya. (nova.id)

NOVA.id - Dua belas perempuan yang terpilih sebagai PIN 2015 asyik berbagi cerita dan kegiatan positif di Restoran Oasis, Jakarta Pusat, Sabtu (5/12).

Dalam kategori wirausaha, Ratna Prawira dari Jogja yang membagikan kiatnya membangun bisnis lewat bermodal pohon pisang yang ada di belakang rumahnya.

Lewat kelompok tani wanita Seruni, Ratna membangun ekonomi untuk lingkungan sekitarnya.

Hasilnya, dengan kerja keras Ratna berhasil mengolah bonggol, daun, hingga buahnya.

Bahkan workshop milik Ratna menjadi rujukan sebagai tempat belajar kelompok tani lainnya.

Senada dengan Irma Suryati, kategori wirausaha asal Kebumen yang berhasil mengajak teman-teman difabel untuk membuat kerajinan dari keset.

Hebatnya, Irma berhasil mengajak 30 ribu teman difabel bergabung dan mengajak 50 mitra ibu rumah tangga dan meningkatkan taraf hidup serta ekonomi masyarakat sekitar.

Cerita menarik lainnya datang dari finalis Perempuan Inspiratif NOVA 2015 dari kategori Seni Sosial Budaya.

Membagikan kisah traumatis dalam hidupnya sebagai salah satu korban kekerasan seksual ternyata membuat Maizidah Salas tak bisa diam dan bergerak untuk membela perempuan yang menjadi korban kekerasan.

Dengan keinginan yang kuat, pemenang kategori Seni Sosial Budaya PIN 2015 ini berhasil meraih berbagai prestasi dan mengajak perempuan untuk paham advokasi hukum yang ada.

Maizidah juga mengungkapkan bahwa ternyata pergerakannya direspons positif dan kini aktif mengajak semua perempuan sadar dengan haknya.

SwitaAmalia/TabloidNOVA

Foto: AgusDwianto/NOVA