3 Perbedaan Kista dan Miom

By , Senin, 7 Desember 2015 | 03:44 WIB
Perbedaan kista dan miom agar Anda tak bingung lagi (Nova)

Gangguan di tubuh yang menyerang organ reproduksi perempuan memang selalu menjadi keluhan yang ditakutkan banyak perempuan. Contohnya adalah kista dan miom.

Mengingat kista dan miom disebabkan oleh hormon estrogen, maka kista dan miom memang banyak mengintai perempuan dalam masa produktif, yaitu kisaran usia 25 - 45 tahun.

Banyak yang tak memahami apa perbedaan kista dan miom. Karena meski keduanya sama-sama menyerang organ reproduksi perempuan, namun keluhan, ciri, dan bentuk kista dan miom sangat berbeda.

BACA: Mengenal Kista, Miom, dan Endometriosis

Mari simak perbedaan kista dan miom, dua gangguan organ reproduksi perempuan yang termasuk tumor jinak, seperti yang dijelaskan Dr. Chepi Teguh Pramayadi, SpOG dari RSIA Evasari.

Perbedaan Kista dan Miom #1: Lokasi Gumpalan

Cepi menjelaskan perbedaan kista dan miom berdasarkan lokasi gangguan. Kista terletak di indung telur, bisa di bagian kiri, kanan, atau keduanya.

"Sedangkan miom itu posisinya di rahim. Ia ada di tengah alat kelamin perempuan atau istilah medisnya terletak di uterus. Ia bisa berada di permukaan rahim, di tengah rahim, atau di dalam rahim," papar Cepi.