Rutin Ganti Produk Sampo Bikin Rambut Jadi Sehat, Benarkah?

By nova.id, Kamis, 17 Desember 2015 | 03:15 WIB
Rutin Ganti Produk Sampo Bikin Rambut Jadi Sehat, Benarkah? (nova.id)

Rambut yang sehat konon dapat dimiliki dengan perawatan harian yang rutin dilakukan. Salah satu syarat khususnya ialah dengan rajin mencuci rambut menggunakan produk sampo yang mampu menutrisi kulit dan helai rambut.

Itulah mengapa menjaga kebersihan rambut dengan keramas dianggap kunci mendapatkan rambut sehat. Meskipun tidak ada alasan yang mutlak untuk berpikir rambut menjadi lebih kebal karena tetap menggunakan merek sampo yang sama setiap harinnya.

Namun, ada alasan lain untuk seseorang secara rutin mengganti produk merek sampo mereka. Demikian seperti yang dipaparkan oleh salah satu ahli yang merupakan asisten profesor klinis Dermatologi di Tulane University School of Medicine di New Orleans, Nicole Rogers.

Baca: Sudah Tahu, Manfaat Memakai Sampo Bebas Sulfat?

“Untuk menghilangkan polutan lingkungan dan minyak alami dari rambut, sampo biasanya berisi agen pembersih yang kuat, biasanya kimia berbasis sulfat yang menarik minyak dan air,” terang Dr. Nicole.

Dari dua jenis utama, sulfat lauril dirancang untuk rambut berminyak, sementara sulfat laureth untuk rambut normal. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri dalam membersihkan rambut. Sehingga, secara rutin mengganti sampo berdasarkan kandungan sulfat di dalamnya dianggap mampu membuat rambut semakin bersih saat dicuci. Sempat ada kekhawatiran bahwa bahan kimia dapat membahayakan kulit atau kulit kepala.

Baca: Keramas Setiap Hari, Boleh Enggak Sih?

"Satu-satunya bahaya yang pernah terbukti adalah bahwa sulfat dapat menjadi alergen topikal pada orang yang memang sudah memiliki kulit sensitif," ungkap Dr. Nicole yang berdomisili di Los Angeles, California, ini soal rutin mengganti merek sampo agar rambut tetap sehat.

Ade Sulaeman/intisari-online.com Sumber: Foxnews