5 Cara Mengatasi Stres Sebagai Perempuan Modern

By nova.id, Kamis, 17 Desember 2015 | 04:15 WIB
5 Cara Mengatasi Stres Sebagai Perempuan Modern (nova.id)

Siapapun sepakat rasanya jika stres berdampak buruk pada kehidupan seseorang, baik dalam hal kesehatan, karier maupun percintaan. Itu sebabnya, kita perlu mengelola stres secara efektif. Terlebih, stres memiliki efek yang sangat negatif bagi psikologis perempuan.

Seperti yang dirilis oleh Time, berikut 5 cara mengatasi stres sebagai perempuan modern:

Baca: Tips Hindari Stres saat Terjebak Macet

Simpan permasalahan dalam perspektif yang tepat Stres berkembang dari waktu ke waktu. Kita menjadi sangat mudah merasa frustasi dan terkadang membesar-besarkan hal negatif yang ada. Orang-orang yang kuat secara mental tidak membiarkan efek buruk berkembang ketika stres muncul dalam diri mereka. Mereka membingkai ulang pikiran negatif yang ada menjadi sesuatu yang lebih realistis. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga stres mereka dalam perspektif yang tepat.

Baca: 3 Cara Mudah Menghindari Stres Soal Waktu

Cobalah yakinkan diri sendiri Kepercayaan dan keyakinan diri merupakan karakter dari orang yang memiliki mental kuat. Hal ini membantu kita untuk melalui rasa stres yang sedang terjadi.

Fokus pada apa yang bisa dikelola oleh diri sendiri Terkadang terdapat hal-hal tertentu yang berada di luar kendali kita. Orang-orang dengan mental yang kuat, mengetahui kapan dan apa yang menjadi tanggung jawab mereka. Jadi kita tidak perlu membuang energi pada hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan.

Baca: Membedakan Antara Stres dan Cemas Berlebihan

Mengetahui secara pasti munculnya sumber stres Mengidentifikasi sumber stres merupakan langkang pertama dalam memanajemen stres. Orang-orang dengan mental yang kuat akan menyadari tanda-tanda stres ketika muncul dalam diri mereka. Lalu mereka menyesuaikan kegiatan dan gaya hidup,  sehigga mereka dapat secara efektif memerangi stres.

Baca: Perlukah Jadi Social Climber untuk Bisa Eksis?

Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memiliki sikap positif Dukungan sosial adalah bagian penting dari menghadapi stres. Jika kita dikelilingi dengan rasa pesimis, kemungkinannya stres dalam diri tidak akan hilang.

Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com Sumber: Time