Ini Alasan Produk untuk Perempuan Lebih Mahal Harganya Dibanding untuk Pria

By nova.id, Minggu, 25 Juni 2017 | 03:15 WIB
Ini Alasan Produk untuk Perempuan Lebih Mahal Harganya Dibanding untuk Pria (nova.id)

Sosok perempuan memang selalu menarik. Tak heran, setiap hal yang berkaitan dengan dunia perempuan menjadi lebih asik untuk dikulik sekaligus bersifat komersil.

Sebuah studi menunjukkan jika produk yang dirancang untuk perempuan harganya lebih mahal dari yang dibuat untuk pria. Mungkin ini alasan produk untuk perempuan lebih mahal harganya dibanding untuk pria.

Mayor de Blasio dan Department of Consumer Affairs mempelajari 800 produk yang ada versi perempuan dan prianya. Artinya, produk yang sama, namun dibedakan konsep dan harga penjualannya untuk perempuan dan pria. Produk-produk itu biasanya dijual di toko fisik maupun toko online di New York.

Baca: 5 Fakta Kebiasaan Belanja Perempuan Indonesia yang Unik

Nah, dari studi tersebut, peneliti menemukan bahwa rata-rata produk untuk perempuan lebih mahal 7 persen daripada pria, meskipun jenis produknya sama.

Mirisnya lagi, ketimpangan perbedaan harga itu kadang terjadi sangat jauh antara produk perempuan dengan pria. Sebagai contoh, perbedaan untuk produk rambut perempuan lebih mahal 45 persen .

Baca: Riset: 96 Persen Perempuan Habiskan Uang Untuk Belanja Pakaian Dalam

Contoh lainnya ialah, dua produk skuter atau sepeda anak-anak dengan model dan merek yang sama. Sepeda anak perempuan berwarna pink dengan sepeda anak laki-laki berwarna merah, harganya berbeda jauh antara 1 juta Rupiah dengan 600 ribu Rupiah.

Pajak gender ternyata merupakan alasan produk perempuan lebih mahal daripada produk untuk pria. Tak heran, studi menemukan fakta bahwa perempuan lebih banyak mengeluarkan uang untuk membiayai hidupnya dibanding pria. Nah, bagaimana dengan Anda?

Gita Laras Widyaningrum/intisari-online.com Sumber: Metro UK