Psikolog: Generasi Sekarang Malu Bilang ‘I Love You’ ke Ibunya!

By , Selasa, 22 Desember 2015 | 07:15 WIB
Psikolog: Generasi Sekarang Malu Bilang ‘I Love You’ ke Ibunya! (Nova)

“Sudahkah, Anda mengucapkan kalimat aku mencintaimu pada mama hari ini?,”, pertanyaan ini terlontar dari bibir Ratih Ibrahim, psikolog, kepada seluruh audiens yang hadir di media briefing Nivea #PSILOVEMAMA, pada Kamis (12/12), di restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta.

Pertanyaan yang diucapkan oleh psikolog yang aktif dalam forum diskusi Joy Parenting tersebut bukanlah tanpa sebab. Pasalnya, menurut Ratih, generasi sekarang malu bilang I Love You pada ibunya. Dengan kata lain, generasi sekarang malu mengungkapkan rasa cinta kepada orangtuanya, termasuk sosok ibunya yang melahirkan.

“Padahal, ibu adalah sosok tulus dan penyayang. Ia hanya memberi tanpa mengharap kembali. Banyak pengorbanan ibu yang tersimpan dalam memori kita semua, namun semakin bertumbuh dewasa kenangan tersebut lambat laun pudar. Banyak dari kita yang bahkan melupakan peran ibu dalam kehidupan,” ujar Ratih Ibrahim pada tabloidnova.com .

Baca: Rahasia Cita Rasa Masakan Khas Seorang Ibu: Dibuat dengan Cinta

Ratih pun tak enggan mengungkapkan fenomena kekakuan individu untuk sekedar bilang ‘I Love You” atau “Aku sayang mama” setiap bertemu atau setiap berkomunikasi dengan ibunya. Entah karena soal kedekatan emosional yang tidak begitu erat atau hanya sekedar gengsi belaka, nyatanya generasi muda sekarang sulit mengekspresikan rasa sayang yang ia miliki kepada sang mama.

“Menjadi ibu ada kerinduan untuk mendapat ekspresi cinta dan rasa sayang. Saya juga seorang ibu, dulu saya pikir bahwa yang penting ibu tahu dalam hati jika anaknya sayang padanya. Tapi, itu saja tidak cukup,” tegas Ratih.

Baca: Ratih Ibrahim: Memasak Bersama Keluarga Adalah Terapi

Bertepatan dengan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2015 ini, Ratih juga sangat menyarankan pada masyarakat untuk dapat membiasakan diri mengekspresikan rasa sayang agar semakin terpupuk.

“Cinta itu harus diekspresikan. Apalagi saat umur bertambah, ibu atau mama juga semakin tua dan semakin menginginkan kehadirannya dihargai, dipedulikan dan diperlakukan sangat baik,” tutup Ratih seraya tersenyum.

Jadi, sudahkah Anda bilang I Love You Mama, hari ini?