Secara Etika, Berapa Jumlah Ideal Memberi Tip di Salon?

By , Sabtu, 6 Mei 2017 | 06:15 WIB
Berapa tip ideal untuk penata rambut di salon? Ini rumus dari salon expert. (Nova)

Setelah mencoba salon baru, Anda merasa puas akan servis blow dan potongan rambut yang diberikan. Kemudian bingung, “Berapa saya harus memberi tip di salon?" apalagi jika harga yang dipatok salon tersebut tidak murah.

Di satu sisi, Anda khawatir terlalu sedikit memberi tip atas potongan rambut dan blow yang menawan di salon bergengsi itu. Tapi di sisi lain, khawatir juga memberikan tip terlalu banyak, mengingat harga potong rambutnya saja sudah tinggi.

BACA: Yang Harus Dilakukan Bila Tidak Puas dengan Layanan di Salon

Sebenarnya, berapa sih jumah ideal ketika memberi tip di salon?

Jangan khawatir, bukan Anda saja kok yang merasa demikian. Banyak orang kebingungan menentukan jumlah tip ideal untuk kapster yang telah menyervis dirinya. Meski memang yang namanya ""tip seharusnya diberikan sesuai keinginan costumer, tetap saja kita tak ingin salah, bukan?

Untuk menjawabnya, Youbeauty mengumpulkan pendapat para salon experts yakni Edward Tricomi dan Hibba Kapil, untuk menceritakan prosedur ideal memberi tip di salon.

1. 20 Persen, Rata-Rata Besaran Tip di Salon

Stylist sekaligus co-founder of Warren-Tricomi Salons, Edward Tricomi, menyarankan untuk selalu memberi tip sebesar 20 persen dari harga servis untuk setiap jasa layanan rambut.

“Bagaimana bila kita menggunakan diskon promo? Idealnya, tetap beri tip sebesar 20 persen dari harga asli treatment tersebut,” ujarnya.

Intinya, besaran tip untuk kapster di salon sebenarnya merefleksikan tingkat kepuasan costumer. “Bila Anda merasa sangat puas dengan servisnya dan Anda nyaman dengan kapster tersebut, bisa saja memberi lebih dari harga tersebut,” tambah Tricomi.

Selain itu, ada pula etika lain ketika memberikan tip di salon agar mereka tak salah sangka pada Anda.