Maskapai Penerbangan LCC Dambaan Penumpang

By nova.id, Selasa, 12 Januari 2016 | 04:54 WIB
Malindo Air. (nova.id)

Persaingan di dunia industri penerbangan kini sangatlah ketat. Banyak maskapai bersaing untuk mendapatkan hati para calon penumpang. Maskapai full service seperti Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai terbaik yang ada di Tanah Air. Maskapai pelat merah ini pun memiliki rute penerbangan yang cukup banyak, tersebar di seluruh Tanah Air. Tak hanya itu, Garuda Indonesia juga menerbangi rute internasional, bahkan sampai ke Eropa.

Namun, bila mencermati kondisi saat ini, selain maskapai full service seperti Garuda Indonesia, maskapai yang bergerak di segmen low cost carrier (LCC) pun disambut antusias oleh masyarakat. Maskapai LCC memberikan “angin segar” bagi masyarakat Tanah Air. Dengan menawarkan harga tiket yang terjangkau, calon penumpang pun tak perlu ambil pusing untuk membayar mahal. Keberadaan maskapai LCC inilah yang membuat mobilisasi masyarakat, khususnya dalam penerbangan menjadi lebih cair.

Maskapai penerbangan LCC juga menerbangi rute-rute favorit. Jadi, wajar saja banyak calon penumpang memilih bepergian dengan maskapai penerbangan LCC. Bila Anda ingin tahu lebih jauh mengenai maskapai penerbangan LCC di Indonesia, berikut ialah daftar:

Maskapai penerbangan ini merupakan salah satu wajah baru di industri penerbangan. Malindo Air ikut meramaikan pasar LCC. Harga tiket yang ditawarkan Malindo Air pun cukup bersaing dengan maskapai LCC lainnya. Pemesanannya pun bisa dengan mudah dilakukan dengan menggunakan layanan seperti Traveloka.

Meski pemain baru di dunia penerbangan, Malindo Air berhasil menarik simpati masyarakat. Maskapai penerbangan hasil kerja sama National Aerospace and Defence Industries (NADI) dan Lion Air ini pun cukup banyak dipilih masyarakat ketika mengudara. Malindo Air menyasar perjalanan di daerah Asia Tenggara, dengan fokus utamanya Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura. Malindo Air pun juga mengembangkan sayapnya hingga menerbangi kawasan Asia Selatan. Jadi, Malindo Air bisa menjadi pilihan Anda mengudara ke berbagai kawasan Asia denga harga tiket yang murah.

Lion Air

Sejarah panjang telah dilalui Lion Air dalam mengarungi ketatnya persaingan di industri penerbangan. Maskapai penerbangan yang menyasar segmen LCC ini telah eksis di industri penerbangan sejak tahun 2000. Dalam jangka waktu tersebut, Lion Air berhasil menancapkan kukunya sebagai maskapai penerbangan LCC yang disegani di Tanah Air.

Meskipun pernah ditimpa masalah seperti kasus penelantaran penumpang di berbagai bandara beberapa waktu, nama Lion Air tetap berkibar. Lion Air telah berjasa dalam membantu mobilisasi masyarakat dengan penerbangan murah yang ditawarkan. Saat ini Lion Air tetap menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin bepergian dengan tiket murah.

Citilink

Anak perusahaan Garuda Indonesia ini ikut meramaikan segmen LCC. Setelah menguasai segmen full service di Tanah Air, Garuda Indonesia ingin meluaskan sayapnya dengan menyasar segmen penerbangan murah. Karena itu, hadirlah maskapai Citilink.

Kehadiran Citilink di segmen LCC mendapat sambutan yang sangat baik di mata masyarakat. Dengan pamor perusahaan induk yang melekat pada Citilink, maskapai ini pun banyak dipilih masyarakat. Karena itu, kehadiran Citilink menambah semarak persaingan pasar LCC. Adv