Pesawat Xpress Air: Spesialis Penerbangan Untuk Wilayah Indonesia Timur

By nova.id, Senin, 18 Januari 2016 | 18:00 WIB
Xpress Air. (nova.id)

Maskapai dengan harga tiket terjangkau seperti pesawat Xpress Air merupakan maskapai yang berfokus pada jalur penerbangan domestik. Meski harganya relatif terjangkau, namun Anda sebaiknya tidak mengartikannya sebagai penerbangan yang melupakan pelayanan maksimum. Xpress Air menyediakan layanan penerbangan kelas Premium, dengan slogan utama “Terbanglah Indonesia”. Rute yang dilayani Xpress Air mengambil bentangan sampai ke daerah timur Indonesia.

Daerah tersebut sudah lama dikenal sebagai daerah yang pembangunannya belum merata, sehingga diperlukan sebuah strategi operasional transportasi yang mampu mengangkut manusia dari dan ke wilayah tersebut. Di sini Xpress Air berpandangan bahwa wilayah Indonesia bagian timur menyimpan sejumlah harta karun berupa kepulauan yang indah dan kaya objek wisata. Beberapa lokasi seperti Jayapura, Manokwati, Sorong, atau Ternate barangkali jarang dijangkau oleh radar perusahaan lain, dan karenanya layak dieksplorasi.

Bagaimana Memesan Tiket Pesawat Xpress Air

Tiket pesawat Xpress Air bisa dipesan dengan dua cara, atau melalui situs resmi maupun agen-agen perjalanan online layaknya Traveloka. Terkadang Anda bisa mendapatkan tiket promo untuk rute tertentu, seperti Palembang sampai Bandung, Yogyakarta ke Pontianak, dan lain sebagainya. Maskapai Xpress Air menyediakan rute tambahan ke kota-kota di Pulau Sumatera dan bahkan sampai ke Malaysia.

Armada pesawat Xpress Air muncul pertama kalinya sebagai maskapai domestik yang menawarkan rute penerbangan langsung ke wilayah Indonesia bagian timur. Dimulai pada tahun 2005 dengan pesawat Boeing 737, Xpress Air telah menjadi perusahaan penerbangan utama yang menghubungkan Jakarta dengan wilayah seperti Manokwari, Sorong, Ternate, dan Makassar. Kota Makassar adalah wilayah yang menjadi konektor bagi semua jam penerbangan dari Pulau Jawa ke sejumlah kota di Indonesia bagian Timur. Sementara itu, Sorong (Papua) menjadi penghubung bagi sejumlah daerah di Pulau Papua. Dengan demikian, Anda tidak perlu salah paham. Xpress Air tidak menyediakan penerbangan perintis dengan pesawat berkualitas seadanya, yang biasanya hanya disediakan untuk rute penerbangan antar pulau di daerah timur. Lebih jauh lagi, perusahaan tersebut memberikan layanan prima dengan dukungan pesawat yang berkualitas dan layak terbang. Dilihat dari kacamata kekuatan armada, Xpress Air terlihat tidak main-main dengan misinya.

Kekuatan Armada Pesawat Xpress Air

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs resmi perusahaan, pesawat Xpress Air total berjumlah enam belas armada. Berikut rinciannya:

Dornier yang digunakan sebagai armada yang menawarkan teknologi penerbangan terkini, yang bisa dioperasikan di landasan pendek. Dengan spesifikasi semacam itu, Xpress Air menawarkan kenyamanan lebih bagi para pengguna. Sementara itu, penggunaan pesawat jenis Boeing dirancang untuk menghadirkan kenyamanan lebih bagi para pengguna yang berniat mengunjungi wilayah di mana pesawat bisa turun di landasan yang lebih lebar dan panjang.

Di masa depan, Xpress Air konon juga berencana menambah kekuatan armada terbangnya guna menjangkau wilayah-wilayah yang pada dasarnya susah dijamah seperti kepulauan terpencil (di mana landasan terbang hanya tersedia dalam luas yang tidak seberapa), serta daerah-daerah lain seperti Papua Barat, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku.

Penumpang yang menaiki pesawat Boeing mendapat gratis bagasi maksimum sebesar 20 kg. Sedangkan untuk kabin maksimum sebesar 5 kg. Sedangkan bagi penumpang Dornier, hak bagasi maksimum seberat 10 kg, dan bawaan yang bisa dibawa ke dalam kabin maksimum sebesar 2 kg. Adv