Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah dan Warna Kulit

By nova.id, Kamis, 21 Januari 2016 | 04:45 WIB
Memilih bingkai kacamata sesuai bentuk wajah dan warna kulit. (nova.id)

Sebagai aksesori atau alat bantu penglihatan, kacamata bisa membantu Anda tampil lebih gaya. Syaratnya, pilih bentuk kacamata sesuai bentuk wajah dan warna kulit. Ini dia caranya!

Kunci untuk tampil menawan dengan kacamata adalah menyesuaikan bentuk frame dengan wajah Anda. Bingkai kacamata aviator merupakan bentuk yang universal dan pasti cocok dikenakan oleh semua bentuk wajah.

Namun jika Anda memiliki bentuk wajah dengan ciri-ciri dagu lancip dengan bentuk tulang pipi yang lebar maka kacamata yang sesuai dengan Anda adalah berbentuk mata kucing. Bentuk kacamata ini dapat membuat tulang pipi Anda terlihat lebih kecil dengan bentuk alis yang tegas. Jangan lupa, sesuaikan juga dengan riasan wajah.

BACA: 7 Langkah Makeup untuk Pengguna Kacamata

Bentuk wajah oval memiliki bentuk dagu dan dahi yang simetris. Beruntunglah Anda yang memiliki bentuk wajah ini karena akan terlihat cocok dan menarik dengan model kacamata apapun. Sebagai pilihan, Anda dapat mencoba kacamata bentuk oval, cat eye, ataupun bulat.

Pemilik bentuk wajah persegi yaitu punya ciri-ciri bentuk rahang yang sama dengan bentuk dahi. Samarkan kontur tegas wajah Anda dengan kacamata bersudut melengkung.

Sebaliknya, apabila Anda memiliki bentuk wajah bulat, pilih frame berbentuk persegi panjang atau bujursangkar dengan sudut yang tajam, untuk mempertegas bentuk wajah. Sementara wajah dengan dahi yang kecil, pipi yang lebar, dan dagu kecil akan cocok jika diseimbangkan dengan kacamata oval dengan bentuk lensa yang besar. 

Memilih Bingkai Kacamata Sesuai Warna Kulit

Selain itu, permainan warna pada bingkai kacamata akan membuat wajah Anda terlihat lebih elegan. Sesuaikan warna kacamata dengan warna kulit Anda. Apabila rona kulit Anda sawo matang, pilih bingkai dengan warna-warna hangat seperti cokelat dan cream.

Untuk kulit gelap, pilih warna sejuk seperti biru tua atau merah marun. Sedangkan untuk kulit putih, cocok memakai warna apapun.

Setiap sebulan sekali, cek setelan kacamata, apakah masih nyaman digunakan atau tidak. Apabila mulai kendur, kencangkan dengan menggunakan obeng atau bisa minta bantuan ahli di optik. 

Selain itu, bersihkan kacamata setiap seminggu sekali dengan cara merendamnya ke dalam air hangat agar kotoran pada sela-sela bingkai dapat terangkat. Keringkan dengan menggunakan kain khusus yang dapat menyerap air. Hindari penggunaan tisu atau kain biasa, karena lensa bisa tergores.

Lena Anjani