8 Tips Agar Hijab Tidak Bau Apek dan Selalu Bersih

By , Jumat, 22 Januari 2016 | 07:30 WIB
Tips Agar Hijab Tidak Bau Apek dan Selalu Bersih (Nova)

Sadar atau tidak, pemakaian hijab seringkali diliputi masalah bau apek atau bau tak sedap yang tercium di dekat area kepala. Walau keluhan ini belum tentu dialami oleh semua perempuan pengguna hijab. Namun, sebagai seseorang yang menjaga kebersihannya, penyebab hijab jadi bau apek ini patut Anda ketahui agar terhindar dari masalah ini.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang memicu bau tak sedap pada hijab atau jilbab yang Anda pakai. Misalnya, dari faktor internal ialah rambut kepala yang tidak bersih, berketombe, dan berminyak. Kemudian, segi kebersihan hijab yang tidak terjaga dan cara pemakaian yang salah. Lalu, dari faktor eksternal seperti suhu di luar ruangan, iklim tropis, polusi dan asap kendaraan, dan lain sebagainya.

Makanya, Anda disarankan mengetahui tips perawatan kebersihan hijab. Lalu, apa sajakah tips agar hijab tidak bau apek dan selalu bersih? Yuk, simak tips hijab selalu harum dari tabloidnova.com, berikut ini:

Baca: Wah, Inilah Penyebab Harga Sehelai Hijab Menjadi Mahal

Hati-hati dalam memilih bahan hijab Meskipun bahan hijab tidak mutlak mempengaruhi masalah bau tak sedap. Tapi, ada beberapa bahan yang cenderung memicu kebersihan dari hijab tersebut. Sebut saja bahan sifon berkualitas rendah yang tipis namun jika ditempelkan langsung ke kulit akan terasa licin, kesat dan gerah. Bahan sifon ini umumnya memicu keringat berlebih di kulit kepala dan wajah sehingga mau tak mau membuat area kepala akan lebih lembap dan cepat.

Baca: Ini yang Bikin Wajah Terlihat Tembem Saat Pakai Hijab

Selain itu, bahan-bahan sejenis jersey berkualitas murah yang licin dan cenderung permukaannya mengilap juga akan rentan menimbulkan bau tak sedap. Bahan lainnya yang harus dihindari ialah hijab dari bahan linen yang cenderung lebih tebal dan kaku serta bahan serat tebal seperti pashmina. Ini merupakan tips agar hijab tidak bau apek yang pertama.

Baca: Lengkap! Tren Busana Hijab 2016 dari Para Desainer Ternama

Perhatikan juga kebersihan ciput atau dalaman ninja Seringkali perempuan salah kaprah soal menjaga kebersihan hijab miliknya. Merasa sudah rutin berganti hijab, maka mereka merasa aman. Padahal, mengganti hijab setiap hari saja tidaklah cukup. Penting untuk rutin mengganti ciput dalaman hijab setiap Anda merasa sudah cukup kotor, berkeringat atau bahkan hanya lembap.

Jika Anda berpikiran ciput ninja tidak akan bau, itu salah besar. pasalnya, ciput dalaman adalah faktor yang paling menentukan masalah keharuman di area hijab. Jangan pernah mencoba tidak mengganti ciput dalaman ninja karena alasan menghemat air dan sabun ataupun karena alasan praktis. Ini adalah salah satu syarat tips agar hijab tidak bau.

Baca tips agar hijab tidak bau apek di halaman selanjutnya.