Menciptakan Kehangatan di Musim Hujan dengan Udon Kuah Pedas

By nova.id, Senin, 25 Januari 2016 | 03:30 WIB
UDON KUAH PEDAS. (nova.id)

Tabloidnova.com - Cuaca sedang tidak menentu. Tapi sepertinya hujan semakin sering turun, terutama di malam hari. Udon kuah pedas ini sangat pas menjadi teman yang bisa menghangatkan suasana.

Bahan-bahan/ Bumbu-bumbu:

2.000 gram tepung terigu protein tinggi  200 gram tepung sagu  1.000 ml air  5 sendok teh garam 

Bahan Kuah:

6.750 ml air  10 buah paha ayam  15 siung bawang putih, dimemarkan 2 1/2 buah bawang bombay, diiris panjang 5 sendok makan kecap asin  10 sendok makan saus tomat  20 sendok makan saus sambal  5 sendok teh garam  5 sendok teh gula pasir 

Bahan Pelengkap:

30 batang caisim, dipotong-potong, direbus 30 butir telur rebus, dibelah 2 bagian 10 batang daun bawang, diiris halus

Cara Membuat Udon Kuah Pedas:

1. Aduk tepung terigu, tepung sagu, dan garam. Tambahkan air. Uleni hingga tercampur rata. 2. Ambil adonan. Giling di penggilingan mi mulai dari ukuran paling tebal ( no.9),  2-3 kali sampai licin. Kecilkan ukuran gilingan ke nomor 8.  Giling lagi 2-3 kali sampai licin. Kecilkan lagi ukuran gilingan. Giling kembali, begitu seterusnya sampai gilingan nomor 1. Setiap kali menggiling, boleh ditaburkan tepung terigu. 3. Letakkan di atas meja. Potong dengan pisau  1/2 cm. 4. Rebus di dalam air mendidih hingga terapung. Angkat. Tambahkan sedikit minyak goreng agar tidak lengket. 5. Kuah, rebus ayam dan air sampai berkaldu. Angkat ayam. Pisahkan dari tulangnya. Potong-potong kotak dagingnya. Ukur kaldunya 1.200 ml. Rebus kembali kaldu dan dagingnya. 6. Tambahkan bawang putih dan bawang bombay. Rebus sampai harum. Tambahkan kecap asin, saus tomat, saus sambal, garam, dan gula. Aduk rata. Rebus sampai meletup-letup dan harum. 7. Tata mi udon di dalam mangkok. Siramkan kuah dan ayamnya. Tambahkan pelengkap di atasnya.

Untuk 30 porsi