Kulit Bersisik dan Keriput, Masalah Utama Wajah Jelang 50 Tahun

By , Jumat, 29 Januari 2016 | 09:30 WIB
Kulit Bersisik dan Keriput, Masalah Utama Wajah Jelang 50 Tahun (Nova)

Degenerasi kulit sejatinya ditandai dengan perubahan tekstur dan kontur wajah. Bila garis kerutan halus atau vlek hitam seringkali menjadi sinyal penuaan kulit, maka kondisi wajah jelang usia 50 tahun pun tidak luput dari masalah kulit bersisik.

Meskipun masalah kulit bersisik tidak pasti ditemukan dalam semua kasus. Namun, masalah kekenduran sekaligus tingkat kelembapan kulit yang terus berkurang karena pertambahan usia akan menyebabkan munculnya berbagai hal yang tak Anda inginkan di usia tua.

Baca: Waspada, Kulit Semakin Cepat Menua Mulai Usia 25 Tahun!

Dijelaskan oleh Doris Way, MD, dalam sebuah artikel tanya jawab yang dilansir oleh WebMD. Ternyata, kulit bersisik dan keriput merupakan masalah utama kulit wajah jelang usia 50 tahun.

“Masalah kulit bersisik memang tidak bisa dihindari. Mulailah sejak dini penggunaan tabir surya setiap hari sekalipun hanya sebentar berada di luar rumah. Aplikasikan setiap dua jam sekali saat beraktivitas di luar rumah. Tabir surya, serum dan pelembap akan bantu memperbaiki kondisi sel kulit. Jangan acuhkan saran ritual kecantikan kulit dari pakar,” ujar Doris.

Baca: Ini Warna dan Model Rambut yang Membuat Wajah Terlihat Tua!

Ia pun mengungkapkan pentingnya pelembap, retinoid dan antioksidan. Sangat baik digunakan untuk kulit demi mencegah risiko kanker atau gejala kanker akibat radikal bebas dan gaya hidup tidak sehat.

“Kulit bersisik bisa dicegah dengan peeling wajah fraksional CO2 yang rutin dilakukan sebilan sekali. Jangan pernah biarkan dehidrasi menyerang kulit. Jauhi rokok dan alkohol,” imbuhnya.  

Baca: Apa Yang Terjadi Pada Bibir Wanita Saat Usia Menua?

Soal mengapa usia 40 tahun namun terlihat seperti 50 tahun ke atas. Doris juga memaparkan secara detail. Pasalnya, banyak perempuan merasa sudah aman karena mencoba dan memakai banyak produk. Padahal, menggunakan bahan dan produk yang salah akan menyebabkan kulit iritasi serta efek samping yang dikhawatirkan merusak elastisitas kulit.

“Ada banyak faktor penuaan wajah. Dari segi genetika sebanyak 20 hingga 30 persen, dan sisanya pengaruh ekstermal lingkungan. Wajah bisa nampak lebih tua karena terlalu banyak kosmetik. Suntik botoks, filler dan laser akan bantu kulit memproduksi kolagen serta mengurangi kerutan, mencegah keriput dan merangsang regenerasi kulit,” tutupnya.

Sumber: WebMD