Ciri Suami Istri Bahagia: Seks Seminggu Sekali

By nova.id, Kamis, 4 Februari 2016 | 08:00 WIB
Ciri Suami Istri Bahagia: Seks Seminggu Sekali (nova.id)

Konon, lebih sering bercinta membuat pernikahan lebih harmonis dan mesra. Seks yang rutin juga dianggap bermanfaat mendatangkan kebahagiaan bagi pasangan suami istri. Namun, sebuah riset justru mengatakan sebaliknya.

Ternyata, ciri pasangan suami istri yang bahagia adalah yang bercinta satu kali dalam sepekan. Dengan kata lain, tanda pasangan suami istri yang bahagia adalah yang melakukan seks seminggu sekali.

Kesimpulan ini ditemukan oleh peneliti di University of Toronto yang mengoleksi data survei dari 30.000 responden di Amerika selama 40 tahun.

Hasil survei yang dirilis oleh jurnal Social Psychological and Personality Science ini, menguraikan bahwa umumnya pasangan suami istri yang bahagia lebih sering melewati malam dengan saling ngobrol, bercanda, atau membaca buku.

Baca: Puncak Kenikmatan Seks: 6 Hingga 12 Bulan Pertama Pernikahan

Studi juga mengungkapkan jika memang benar seks bisa menentukan kualitas hubungan, tetapi ada batasan terkait dengan komunikasi. Alhasil, para suami istri merasa lebih bahagia ketika mereka bisa membicarakan segala hal dengan pasangannya.

Pasangan suami istri yang mengaku bercinta lebih dari satu kali dalam satu pekan, ditemukan merasa lebih bahagia dan percaya diri.

Baca: Pria Lebih Pilih Perempuan Berbokong Besar Jadi Istri

Namun, peneliti juga memaparkan bahwa umumnya pasangan suami istri bercermin dengan pasangan lain. Jadi, jika pasangan yang menurut mereka bahagia, bercinta satu kali dalam satu pekan, maka mereka cenderung mengikuti cara tersebut.

“Penemuan kami memperlihatkan, memang penting menjaga kualitas intimasi dengan bercinta, tetapi Anda tidak perlu berhubungan seksual setiap hari. Sebab, yang utama adalah bagaimana Anda saling berkomunikasi dengan pasangan dengan hubungan yang harmonis,” ujar Amy Muise, salah satu peneliti.

KompasFemale