18 Jenis Kuas Makeup Sesuai Fungsinya, Wajib Tahu!

By nova.id, Senin, 8 Februari 2016 | 04:30 WIB
18 Jenis Kuas Makeup Sesuai Fungsinya, Wajib Tahu! (nova.id)

Menurut Idah Jubaedah, Professional Make-up Artist, fungsi kuas make-up secara umum adalah alat yang memudahkan untuk menerapkan make-up atau mengaplikasikan kosmetik.

“Kegunaan kuas sangat penting saat berdandan, karena pemakaian kuas make-up hasil yang diperoleh akan lebih halus, rata dan rapi,” paparnya pada tabloidnova.com soal 18 jenis kuas makeup sesuai fungsinya.

Namun, tentu saja ada kekurangan saat memakai kuas tersebut. “Selain akan memerlukan waktu yang lebih lama, juga ada sedikit produk kosmetik yang terbuang karena menempel di bulu-bulu kuas.”

Berhati-hati terhadap pemakaian kuas make-up palsu yang banyak dijual di pasaran. “Biasanya bulunya kasar dan mudah rontok. Sedangkan kuas yang asli, bulunya lebih halus dan kuat tidak mudah rontok,” jelas Idah yang menyarankan membeli kuas make-up yang bagus di counter resmi.

Baca: Tepat Memilih Kuas Makeup Agar Riasan Melekat

Kuas yang berkualitas, menurut Idah, bisa dipakai hingga 1 tahun atau lebih. “Namun, jika bulu kuas mulai rontok dan bentuk mulai berubah, maka saatnya untuk mengganti kuas.”

Perawatan kuas pun tidaklah sulit atau memakan waktu banyak. “Perawatan kuas dicuci seminggu sekali menggunakan sabun khusus untuk kuas. Bisa juga menggunakan sampo atau sabun bayi,” terang Idah sambil menyebutkan jenis kuas terbagi dalam 3 golongan yaitu face brushes, eye brushes dan lip brushes.

Inilah 18 jenis kuas makeup sesuai fungsinya yang penting untuk diketahui oleh Anda:

Fan Brush Bentuk: kuas berbentuk kipas kecil dan tipis. Fungsi: untuk membersihkan eyeshadow yang jatuh ke bawah mata dan hancur, atau meluber pada riasan. Merapikan bronzer dan blush on yang tidak rata dan terlalu tebal.

Baca: Kuas Makeup yang Baik Bisa Cegah Pemborosan!

Powder Brush Bentuk: kuas berbentuk bulat dan tebal. Fungsi: untuk mengaplikasikan bedak pada wajah. Ada 3 varian yaitu large powder brush, medium powder brush, small powder brush.

Blush Brush Bentuk: kuas berbentuk bulat dan kecil. Fungsi: untuk mengaplikasikan blush on pada pipi.

Baca: Hati-hati! Kuas Makeup Kotor Sebabkan Radang Tenggorokan

Angled/Contour Brush Bentuk: kuas yang berbentuk meruncing miring. Fungsi: untuk membuat contour pada tulang pipi, garis dahi dan garis dahu.

Foundation Brush Bentuk: kuas berbentuk pipih dengan ujung bulu yang mencembung. Namun ada pula yang berbentuk bulat pipih. Fungsi: untuk mengaplikasikan foundation agar hasilnya lebih rata.

Concealer Brush Bentuk: kuas bebentuk pipih dengan ujung bulu yang mencembung. Bentuknya sama dengan foundation brush tapi ukurannya lebih kecil. Fungsi: untuk mengaplikasikan concealer agar hasilnya lebih rata.

Klik halaman berikutnya untuk mengetahui 18 jenis kuas makeup sesuai fungsinya: