Konsumsi Menu Nabati Untuk Cegah Penyakit Jantung

By nova.id, Rabu, 10 Februari 2016 | 07:15 WIB
Konsumsi Menu Nabati Untuk Cegah Penyakit Jantung (nova.id)

Angka kematian akibat kolesterol terus meningkat. Kolesterol berkaitan erat dengan berbagai jenis penyakit kardiovaskular yang lebih sering dipengaruhi oleh pola makan yang tidak sehat. Kebanyakan menganggap bahwa pola makan yang sehat terlalu membosankan dan tidak sedap dikonsumsi.

Dilansir oleh WebMD, terdapat saran mengonsumsi menu nabati untuk mencegah penyakit jantung. Menu nabati adalah menu makanan yang hanya mengandung unsur-unsur nabati alias tidak menggunakan unsur hewani sedikit pun. Manfaat mengonsumsi menu nabati ialah mengurangi risiko penyakit jantung.

Seperti yang kita tahu, terbiasa mengonsumsi daging secara berlebihan sangat berbahaya bagi sistem peredaran darah karena kolesterol yang berasal dari lemak hewani tidak mudah diuraikan dan diproses dalam tubuh.

Baca: Asik... Makanan Tinggi Protein Bisa Mengurangi Lemak!

Nah, saat organ jantung sedang bermasalah, fungsi tubuh lainnya pun ikut terganggu. Contohnya, ialah organ ginjal yang akhirnya tidak mampu membuang sodium yang berisiko memicu kondisi gagal jantung.

Baca: Sumber Protein Bukan Cuma Ayam, Ikan, dan Telur

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi lemak hewani juga dapat meningkatkan risiko hipertensi. Hipertensi merupakan faktor utama penyebab sakit jantung, stroke dan gagal ginjal. Penyebab gagal ginjal juga disebabkan stres organ karena pola makan protein yang terlalu tinggi.

Baca: Benarkah Diet Tinggi Protein Baik Bagi Tubuh?

Perbandingan zat gizi dari makanan nabati dan hewani sangatlah besar. Misalnya, perbandingan antara daging ayam dan tempe (per 100 gram). Kandungan kalori tempe hanyalah 149 sedangkan daging ayam 302. Perbandingan gizi yang paling mencolok adalah pada kandungan kalsium. Dimana kandungan kalsium tempe adalah 129 sedangkan daging ayam hanya 14.

Baca: Daging Kelinci, Kaya Protein dan Rendah Kalori

Manfaat mengonsumsi menu nabati lainnya ialah asupan makanan akan lebih terjaga. Efeknya, risiko penyakit kronis tadi semakin berkurang. Tidak akan ada masalah kolesterol selama kita disiplin menerapkan menu nabati ini. Selain itu, menu nabati akan menolong kita untuk memiliki tubuh sehat dengan berat badan ideal.

Tika Anggreni Purba/intisari-online.com Sumber: WebMD