Sering Lupa Saat Mengingat Kata? Hati-hati Kena Lethologica!

By nova.id, Jumat, 19 Februari 2016 | 06:45 WIB
Sering Lupa Saat Berbicara? Hati-hati Kena Lethologica! (nova.id)

Kesulitan mengingat kata-kata disebut juga lethologica. Lethologica adalah sebuah istilah teknis saat kita melupakan kata-kata yang sebenarnya mudah diucapkan, namun seakan hilang dari memori kita.

Temuan soal lethologica dipopulerkan oleh seorang psikolog, Carl Jung, pada awal abad ke-20. Namun, jauh sebelumnya, lethologica termasuk dalam sebuah kamus kedokteran, Dorland’s American Ilustrated Medical Dictionary, pada tahun 1915. Dalam kamus tersebut, lethologica berarti ketidakmampuan mengingat kata yang tepat.

Sejatinya, otak kita bekerja seperti komputer dengan menyimpan data secara rapi. Dan saat ingin mengambilnya, kita hanya perlu menekan tombol atau sistem.

Menurut Tom Stafford, psikolog, memori otak kita memang ajaib dan luar biasa. Namun, respon yang diberikan adalah respon sesuai dengan asosiasi dari informasi baru yang masuk ke otak, bukan respon langsung saat kita ingin mengingat atau mengucapkannya.

Baca: Cegah Benturan Kepala Penyebab Gegar Otak Ringan pada Anak

Lebih lanjut soal lethologica yaitu kesulitan mengingat kata yang tepat. Ternyata, memanggil ulang kosakata bisa menjadi hal yang sulit. Terkadang, banyak kata yang kita pahami, namun jarang diucapkan sehari-hari. Nah, kata-kata yang berasal dari kosakata pasif ini dapat menjadi penyebab lethologica pada seseorang.

Baca: Kebiasaan Baca Buku Bikin Otak Balita Jadi Cerdas

Selain itu, kata-kata yang sebetulnya sering kita ucapkan, justru malah sering kita lupakan. Hal ini disebabkan karena pikiran kira membuat asosiasi dan pola yang saling berhubungan. Kemampuan kita mengingat kata bergantung pada keterhubungan pola yang dibuat oleh otak untuk menghasilkan kata-kata.

Baca: Orangtua, Inilah Ciri-ciri Gegar Otak pada Anak, Wajib Tahu!

Penyebab lain, karena begitu banyak kata yang tersimpan dalam otak, kita kesulitan untuk mengingatnya dalam waktu singkat.

Lethologica, selain sebuah istilah untuk kesulitan mengingat kata, bisa juga memiliki arti, kesulitan mengoreksi kata yang sudah kita ingat namun salah diucapkan.

Eunike Iona Saptanti/intisari-online.com Sumber: BBC