Begini Etika Menyimpan Peralatan Makan Saat Jamuan Resmi

By nova.id, Senin, 1 Mei 2017 | 07:30 WIB
Begini menyimpan peralatan makan yang benar saat menyiapkan jamuan resmi. (nova.id)

Ketika menghadiri jamuan makan, ada etika makan yang harus Anda lakukan. Agar tidak bingung simak tips berikut.

Etika makan atau table manners adalah aturan yang harus dilakukan saat bersantap bersama di meja makan, khususnya pada jamuan resmi. Namun, masih banyak yang bingung perihal menyimpan peralatan makan yang benar di meja makan bahkan banyak juga yang belum memahami bagaimana etika menggunakan peralatan makan tersebut.

Etika makan diperkenalkan oleh bangsa Eropa yang memiliki aturan standar terutama saat bersantap bersama-sama di sebuah acara resmi atau acara makan bersama di keluarga besar. Meskipun sebenarnya etika memakai dan menyimpan peralatan makan tersebut telah ada jauh sebelum peradaban Eropa menyebar ke seluruh dunia.

Bagaimana Penataan Alat Makan yang Benar?

Agar tak salah apalagi menyalahi etika, ini dia penataan alat makan yang benar dalam jamuan resmi.

1. Tempat Garam dan Lada: Harus selalu diletakkan berdekatan, untuk menambahkan rasa pada makanan sesuai selera.

2. Gelas: Minimal ada 1 jenis gelas yaitu water goblet atau gelas untuk air putih. Jika ada lebih dari 1 gelas berarti untuk anggur merah, anggur putih, dan champagne, tergantung menu.

3. Piring Roti dan Pisau Mentega: Sobek roti menjadi bagian kecil sekali suap lalu tambahkan mentega dengan pisau mentega sebelum Anda makan.

4. Sendok dan Garpu Dessert: Sebelum digunakan sendok dan garpu dessert ada di atas piring. Saat akan digunakan pelayan akan memindahkan sendok ke sebelah kanan dan garpu ke sebelah kiri piring.

5. Alat Makan: Etika menggunakan dan menyimpan peralatan makan sering dibuat semakin bingung oleh adanya sendok garpu aneka ukuran. Mana yang harus digunakan? Gunakan alat makan dari bagian paling luar piring baik untuk pisau dan garpu. Karena sudah disesuaikan dengan menu yang dihidangkan.

6. Serbet Makan: Bagaimana seharusnya kita menyimpan serbet saat makan di jamuan resmi? Biasanya, serbet akan dilipat secantik mungkin. Saat akan digunakan buka lebar serbet dan letakkan di paha.

7. Etika Makan Sup: Sendokkan sup dengan sendok sup dari bagian pinggir mangkuk ke arah dalam mangkuk. Jika sudah akan habis, angkat sedikit mangkuk lalu sendokkan dengan arah yang sama.

Dahrani Putri