Mari Cek, Begini Perubahan Bentuk Kelingking Karena Keseringan Pegang Ponsel

By , Kamis, 25 Februari 2016 | 09:40 WIB
#2015BestNine, tren Instagram di penghujung tahun 2015. (Nova)

Sering kali kita mendengar informasi mengenai sisi negatif teknologi untuk kesehatan. Sebutlah keberadaan teknologi yang membuat manusia jadi jarang bergerak, bahaya radiasi, bahaya mata yang terlalu lama terpapar layar komputer, dan lain sebagainya.

Kini ditemukan dampak handphone pada kesehatan yang terbaru, yakni perubahan bentuk kelingking akibat kelamaan pegang smartphone. Perubahan kelingking ini disebut dengan istilah “Smartphone Pinky”.

BACA: Terlalu Sering Main Gadget Bikin Anak Rentan Sakit Tulang Belakang

Perubahan bentuk kelingking yang dimaksud adalah kelingking cenderung lebih menekuk dan menjauh dari jari lainnya. Ini disebabkan oleh cara kita memegang handphone.

Para pengguna Twitter pun telah berbagi foto kelingking mereka yang diyakini berubah bentuk. Perubahan bentuk kelingking tangan menjadi bengkok, adalah ciri tangan seseorang yang keranjingan mengoperasikan smartphone.

My pinky finger is seriously bent because of the way i hold my phone. #WhatIsThis #ItHurts pic.twitter.com/RkI4pn5wny — @Raynerr_Smith18

I have an actual #iphone injury. My finger has bent & will not straighten. Need to change the way I hold my phone. pic.twitter.com/DqnIVh5h14 — @lucypurnell

Mari cek, apakah Anda termasuk pemilik Smartphone Pinky?

Lihat ke arah kedua tangan dan secara natural buat jari-jari tangan menempel satu sama lain. Apakah ada kecenderungan jari kelingking menjauh dan agak bengkok ke arah luar tangan?

Sementara bila Anda memaksa menempelkan semua jari, Anda membutuhkan usaha ekstra untuk mempertahankan kelingking tetap menempel ke jari manis. Apakah Anda mengalami perubahan kelingking tangan ini juga?

BACA: Tak Ingin Anak Obesitas? Matikan TV

Menanggapi kekhawatiran ini, perusahaan Jepang, penyedia ponsel NTT DoCoMo, mengungkapkan bahwa itu benar adanya. Hal itu dikarenakan selama ini kita menyangga berat ponsel hanya dengan jari kelingking yang kecil. Sehingga, terjadilah perubahan bentuk kelingking.

Bagaimana dengan kelingking Anda?

Sumber: Cosmo UK