Duh! Karyawan Sales dan Admin Rentan Mengidap Stroke

By nova.id, Kamis, 3 Maret 2016 | 03:15 WIB
Duh! Profesi Sales dan Admin Rentan Mengidap Stroke (nova.id)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh US Public Health Service, pekerja berumur 45 tahun atau lebih, baik pria maupun perempuan dalam bidang penjualan atau office support memiliki risiko penyakit jantung atau stroke lebih tinggi dibandingkan mereka yang bekerja di bidang manajemen atau profesional. Dengan kata lain, profesi sales dan admin rentang mengidap penyakit stroke dan jantung.

Namun apakah alasan pekerja sales dan admin rentan terserang stroke?

Untuk membuktikkannya, penelitian tersebut melibatkan 5566 pria dan perempuan yang sebelumnya tercatat memiliki kondisi fisik dan bugar. Hasilnya, pekerja di bidang manajemen dan profesional ternyata mempunyai fungsi organ jantung yang lebih sehat dibandingkan pekerja di bidang lainnya.

Tak hanya itu saja, sepertiga dari mereka justru memiliki berat badan ideal yakni 75 persen yang cukup aktif dan hanya 6 persen yang merupakan perokok aktif.

Baca: Sebelum 8 Jam, Segera Tangani Pasien Stroke

Sebaliknya, pekerja lainnya yang berada di bidang sales atau promosi penjualan tercatat memiliki kebiasaan makan yang buruk. Sementara itu, 82 persen pekerja admin terdata kurang melakukan latihan fisiki atau kebugaran yang berujung pada tingginya risiko penyakit stroke dan jantung.

“Semakin rendah jumlah faktor risiko kardiovaskular, maka semakin mudah untuk memprediksi penyakit di masa mendatang, termasuk kematian dini, penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal,” ucap Ketua Tim Peneliti, Leslie McDonald, yang juga seorang ilmuwan senior di US Public Health Service.

Baca: Pasien Stroke di Usia 30 Tahun Meningkat!

Esra Dopita Maret/intisari-online.com Sumber: Metro UK