Tatjana Saphira Andalkan Car Free Day Sebagai Waktu Favoritnya Berolahraga

By nova.id, Senin, 7 Maret 2016 | 09:00 WIB
Tatjana Saphira (nova.id)

TABLOIDNOVA.COM – Kesibukannya sebagai model dan aktris membuat Tatjana Saphira sadar akan pentingnya menjaga kebugaran tubuh. Itu sebabnya aktris blasteran Jerman dan Indonesia ini mencoba menjaga pola makanan dan rutin melakukan olah raga. Dalam menjaga pola makannya, ia rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

“Aku rutin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Untuk sarapan, aku pilih oatmeal. Makan siang, harus ada sayuran dan protein. Makan malam juga tidak jauh beda dengan makan siang. Paling untuk dessert-nya, harus buah,” ujar aktris 18 tahun ini.

BACA: Kepala Botak Tatjana Saphira Akibat Kanker

Selain menjaga pola makan, ia juga menekankan pentingnya waktu istirahat yang cukup dan juga melakukan olahraga secara rutin.

“Pada dasarnya sih, aku suka makan tapi apa yang aku konsumsikan tidak selalu sehat. Kadang, sering makan gorengan. Tapi, buat aku yang penting adalah diimbangi dengan olahraga. Pertama kali suka olahraga karena pengin kurus. Tapi, setelah mengalami cara diet yang salah dan olahraga yang terlalu ekstrim, aku sadar olahraga itu bukan lagi trend dan bukan dilakukan untuk jangka pendek saja. Olahraga itu sudah jadi bagian dari gaya hidup aku. Aku merasa lebih fresh. Tidur juga lebih enak. Saat berolahraga juga kan, kita mengeluarkan keringat. Lewat keringat-keringat itu juga, keluar toxin dalam tubuh,” terang aktris yang berakting dalam film I Am Hope ini.

Dan, waktu olahraga favoritnya ternyata setiap kali berlangsung Car Free Day (CFD) di pusat kota Jakarta. Selain gratis, ia bisa jadi punya kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama teman-temannya.

BACA: Ups! Al Ghazali Nyaris Cium Bibir Tatjana Saphira

“Aku berolahraga macam-macam. Aku senang sekali dengan lari. Kalau tidak ya, di fitness center. Aku punya personal trainer. Biasanya, latihan beban setiap hari satu jam. Kalau lari, aku suka di Car Free Day setiap minggu pagi. Jadi sarana untuk berkumpul dengan orang-orang dan olah raga bersama teman kan membuat aku jadi lebih bersemangat lagi. Kegiatan berolahraga di CFD itu juga bisa menumbuhkan kesadaran di masyarakat untuk mau berolahraga. Atau kalau aku lagi di rumah teman yang tinggal di kompleks, aku suka lari keliling kompleks,” tambahnya.

BACA: Aih! Mesranya Tatjana Saphira Rayakan Ulang Tahun Herjunot Ali

Untuk menghilangkan rasa jenuh dalam menjalankan rutinitas berolahraga, Tatjana memiliki kiat tersendiri. Walau senang lari pagi di CFD, ia juga mencoba berbagai macam olahraga. “Sebenarnya, aku suka sekali dengan banyak jenis olahraga mulai dari yoga, berenang, muaythai (boxing), lari, squash, sampai tennis. Buat aku sendiri, aku senang mencoba a variation of exercises in my rutin supaya enggak bosan.”