Wonder Bra, Bra Khusus Deteksi Gejala Kanker Payudara

By nova.id, Jumat, 11 Maret 2016 | 09:00 WIB
Wonder Bra, Bra Khusus Deteksi Gejala Kanker Payudara (nova.id)

Kabar terbaru yang dilansir oleh Mirror UK adalah soal Wonder Bra atau bra khusus deteksi gejala kanker payudara. Bra tersebut dibuat oleh para peneliti dari fakultas teknik elektro Universitas Colombia. Wonder Bra dirancang untuk menangkap perbedaan suhu antara ke dua payudara, yang mana perbedaan suhu itu disebabkan oleh sel-sel kanker yang ganas.

Lalu bagaimana cara kerja wonder bra, bra khusus deteksi gejala kanker payudara?

Ternyata bra tersebut diinstal dengan sebuah peranti lunak atau software yang khusus mampu memonitor dan mengirim suhu payudara dengan sensor infrared. Cara ini yang menjadi solusi mudah mendeteksi sel kanker yang mungkin saja muncul di organ payudara Anda.

“Ketika sel-sel bersifat invasif berada pada kelenjar susu, tubuh mulai mengalirkan banyak darah sehingga temperatur badan meningkat,” ujar Maria Camila Corter Arcila, salah satu peneliti.

Baca: Bentuk Puting Payudara Bisa Menunjukkan Gejala Kanker

Penelitian ini dilakukan dalam beberapa bulan terakhir dengan menggunakan 198 volunteer perempuan. 122 orang diantaranya ialah perempuan dalam kondisi sehat. 12 diantaranya menderita berbagai macam kanker payudara, dan 7 diantaranya telah mengalami pengangkatan kelenjar susu atau kelenjar payudara.

Para peneliti sepakat bahwa Wonder Bra diciptakan untuk membantu para pasien dan dokter mempermudah proses mendeteksi gejala kanker payudara sejak dini.

Baca: Betulkah Faktor Hormonal Penyebab Utama Kanker Payudara?

Wonder Bra diklain sebagai alat preventif untuk menghindari kondisi kanker payudara yang kebanyakan kronis akibat telat penanganannya.

Rencananya, Wonder Bra akan segera dijual di pusat perbelanjaan dan toko pakaian dalam dengan harga yang terjangkau.

Eunike Iona Saptanti/intisari-online.com Sumber: Mirror UK