Atasi Mata Panda dengan Masker Baking Soda, Amankah?

By nova.id, Rabu, 16 Maret 2016 | 04:45 WIB
Atasi Mata Panda dengan Masker Baking Soda, Amankah? (nova.id)

Selain jerawat, permasalahan area gelap di daerah mata menjadi keluhan banyak perempuan. Mata panda atau lingkaran gelap di mata memang memberi kesan penampilan tidak segar dan terlihat tua.

Tidak hanya faktor genetika saja, penyebab lingkaran gelap di mata juga bisa dipicu stres, pola tidur dan istirahat yang tidak teratur, merokok dan alkohol serta sebagainya.

Nah, meski terdengar ‘nyeleneh’, seorang beauty blogger dan penggemar tren kecantikan, Darshika Patel, merilis video di Youtube soal solusi mengatasi mata panda dengan masker baking soda.

Ya, krim dan masker khusus mata yang terbuat dari campuran baking soda dan air ini diklaim ampuh menyegarkan wajah dan area sekitar secara instan. Darshika pun menyarankan aplikasi masker tersebut secara rutin setiap malam.

Baca: Benarkah Lingkaran Gelap Mata Hanya Bisa Diatasi Suntik Filler?

“Anda cukup memulaskan masker menggunakan bagian belakang sendok. Sendok akan membuat masker terasa lebih lembut sekaligus padat sehingga tidak meleleh ke pipi. Tunggu sampai lima hingga 10 menit, lalu bilas sampai bersih,” terang Darshika.

Video tersebut tersebar viral dan mengundang rasa penasaran banyak perempuan untuk mencobanya. Pasalnya, tak diragukan lagi bahwa campuran baking soda dan air bisa jadi jalan keluar dengan harga terjangkau untuk mengatasi “mata panda”.

Baca: Solusi Instan Mata Cekung dan Menghitam Tanpa Pembedahan

Tapi, apakah aman menerapkan solusi mengatasi lingkaran gelap di mata dengan masker baking soda?

Sayang sekali, menuru Randy Schueller, seorang ahli kimia produk kosmetik, masker baking soda bukanlah ide terbaik untuk meredakan lingkarah hitam di mata.

“Kontak langsung baking soda dengan kulit wajah bisa berbahaya dan risiko tinggi. Sebab, baking sodan memilih pH tinggi yang bisa membuat kulit wajah keracunan zat kimia,” terang Schueller.

Lusina/KompasFemale Sumber: Allure