Ekstrem! Pinggang Selebar Kertas Jadi Tren Kecantikan 2016 di Cina

By nova.id, Senin, 21 Maret 2016 | 07:15 WIB
Ekstrem! Pinggang Selebar Kertas Jadi Tren Kecantikan 2016 di Cina (nova.id)

Perempuan di Korea dan Cina sepertinya berlomba-lomba untuk berinovasi dalam dunia kecantikan. Bahkan, saking dinilai ingin selalu terlihat sempurna, tren kecantikan yang mereka ciptakan cenderung terdengar ekstrem atau justru ‘nyeleneh’.

Bila sebelumnya tersebar viral tren kecantikan ideal yang tak masuk akal di Cina dengan memegang pusar dari tangan yang ditempatkan di belakang punggung, koin di tulang selangkah juga menaruh pena di bawah payudara. Kini, para perempuan muda Cina mengukur bentuk tubuh ideal menggunakan kertas HVS A4. Dengan kata lain, pinggang selebar kertas menjadi tren kecantikan perempuan di Cina.

Tren kecantikan di Cina dengan pinggang selebar kertas sebenarnya berawal pada bulan Februari tahun 2016. Saat itu, para perempuan di Cina mengklaim soal bentuk tubuh yang tubuhnya ideal jika lebar pinggangnya sama dengan kertas HVS A4 yang memiliki lebar 21 sentimeter.

Baca: Menilik 5 Tren Kecantikan 2016 yang Sayang untuk Dilewatkan!

Kemudian, tren pinggang seukuran kertas HVS A4 di Cina ini menjadi viral di media sosial China, Weibo, dan menyebar ke media sosial lain dengan dengan tagar #A4WaistChallenge. Syukurnya, banyak netizen yang sadar akan konyolnya tren #A4WaistChallenge dan mencoba melawannya.

Banyak netizen yang membuat meme sarkastik dengan menempatkan kertas HVS A4 di wajah, tubuh kucing, sampai mengganti kertas HVS A4 dengan kotak pizza yang sangat lebar.

Baca: Tren Kecantikan 2016: Graphic Blue Eyeliner atau Taburan Glitter

Tren pinggang selebar kertas di Cina ini juga sempat mendapat kritik pedas oleh banyak media internasional.

Salah satu netizen @diana_bae_ks menulis, "Aku tahu jika banyak situs artikel di Jerman dan Amerika menggunakan fotoku dan aku diperlakukan seperti orang bodoh yang hanya peduli mengenai kecantikkan. Tetapi, aku ingin menyampaikan padamu bahwa itu tak benar, aku hanya ingin dimoctivasi oleh foto ini,".

"Aku menurunkan bobot tubuhku, dan masih terus. Aku sungguh berusaha dengan keras dan bangga dengan diriku sendiri. Jika kau tak suka akan fotoku, maka lupakan. Foto ini adalah penghargaan bagiku karena aku pantas menerimanya. Aku tak akan menghapus foto ini #A4challenge," jelasnya.

Silvita Agmasari/KompasFemale Sumber: Cosmopolitan UK