Duh! Pakar Sebut Saipul Jamil Berbohong Saat Lakukan Pemeriksaan Pertama

By , Selasa, 22 Maret 2016 | 03:00 WIB
Saipul Jamil saat menjalani proses pemeriksaan pertama kalinya di Polsek Kelapa Gading pada Kamis (18/2/2016) lalu. Seorang pakar menyebut bahwa Ipul melakukan kebohongan saat memberikan keterangan perihal kronologi kejadian. (Nova)

TABLOIDNOVA.COM – Berkat sebuah video berdurasi sekitar lima menit yang tersebar di dunia maya, publik menjadi tahu apa-apa saja yang diucapkan Ipul saat pemeriksaan. Video itu memperlihatkan bagaimana Saipul Jamil menjalani pemeriksaan untuk pertama kalinya, setelah digiring ke kantor polisi Kamis (18/3/2016) lalu.

Dalam video itu, Ipul terlihat dalam sebuah proses pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Ipul sempat menjelaskan bagaimana cara ia membangunkan pelapor, DS (17), sampai akhirnya membuka celana sang pelapor, sampai pada akhirnya Ipul dituding melakukan aksi cabul.

Nah, video tersebut juga turut disaksikan oleh seorang pakar mikro ekspresi, motivator, sekaligus psikolog, Poppy Amalia. Meski dalam video yang ia lihat, Ipul membelakangi kamera yang merekamnya, namun Poppy bisa mendeteksi adanya kebohongan yang sempat diucapkan oleh Ipul. Duh!

BACA: Saipul Jamil Banyak Senyum Lakoni Reka Ulang Adegan Dugaan Pencabulan

“Pas ‘hap’ itu ada garukan di hidung ya, ‘Saya cuma hap sekali, saya cuma sekali, cuma enggak sengaja’. Dari belakang, dia terlihat garuk hidung. Garuk hidung artinya adalah gatal, berarti kenapa?” tanya Poppy saat berbincang dengan tabloidnova.com di kawasan Tendean, Jakarta Selatan.

Dijelaskan Poppy, reaksi spontan yang diperlihatkan Ipul saat menyentuh bagian hidunya ketika proses pemeriksaan itulah, merupakan reaksi alamiah seorang manusia jika sedang tertekan, mengalami stres, karena melakukan kebohongan.

BACA: Soal Adegan "Hap" Saipul Jamil, Begini Kata Polisi

“Menggaruk hidung, karena ada pipa kapiler yang perlu diisi. Sehingga dia perlu menggaruk. Menggaruk hidung itu berarti terbukanya pipa kapiler, karena adanya tingkat stres dari manusia, ada tekanan dari manusia, terhadap kalimat yang dia ucapkan, artinya orang menggaruk hidung itu bohong,” kata Poppy.

Okki Margaretha/Tabloidnova.com