Stamina Hingga Kanker, Ini Khasiat 8 Herbal Untuk Kesehatan

By nova.id, Senin, 21 Maret 2016 | 10:00 WIB
Stamina Hingga Kanker, Ini Khasiat 8 Herbal Untuk Kesehatan (nova.id)

Sejatinya, tanaman herbal memiliki fungsi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Banyak masyarakat percaya bahwa tanaman herbal yang berjenis alami lebih baik dikonsumsi oleh tubuh ketimbang obat-obatan kimiawi.

Apa sajakah 8 bahan herbal penambah stamina tubuh?

Buah Mengkudu Tanaman obat mengkudu sudah terbukti memiliki beragam khasiat dan manfaat. Jika ditambah dengan tanaman obat kecombrang, daun salam, dan pandan bisa berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit. Mulai dari mencegah tumor, kanker, anti diabetes, menguatkan lever, anti hipertensi, membersihkan darah, anti stroke, menurunkan asam urat, dan kolesterol.

Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Biasanya ditemui di pasangan dalam bentuk kemasan minuman herbal sari buah.

Bunga Rosela Terbuat dari  tanaman obat rosela yang tidak diragukan lagi terbukti memiliki beragam khasiat. Tambahkan dengan daun salam yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai penyakit mulai dari menetralkan racun, menurunkan kolesterol, mengurangi panas dalam.

Kandungan di dalamnya mulai dari protein, kalsium, magnesium, kalium, besi, omega 3, asam amino, mengandung vitamin A, B, dan C.

Baca: 5 Jenis Bumbu Dapur Sebagai Herbal Alami Penghilang Rasa Sakit

Kunyit Bisa dikonsumsi dari minuman herbal sari kunyit asem yang terbuat dari kunyit ditambah dengan asam jawa yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Bisa juga untuk mencegah berbagai jenis penyakit, seperti keputihan, haid tidak lancar, pencernaan, panas dalam. Kandungan di dalamnya adalah kurkumin dan minyak atsiri.

Temulawak Campurkan temulawak dengan jahe, cengkih dan kayu manis yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit. Mulai dari maag, sembelit, sariawan, rematik, hingga menambah nafsu makan. Temulawak mengandung protein, karbohidrat, dan minyak atsiri.

Ketumbar Selain untuk memasak, ketumbar ternyata bisa memberikan efek tenang, menghilangkan sakit kepala, meningkatkan memori dan efektif dalam mengurangi demam. Sifat antimikroba dan antijamurnya dapat berguna sebagai detoksifikasi tubuh dari zat-zat berbahaya.

Baca: Jangan Mengonsumsi Obat Kimia dan Obat Herbal Bersamaan

Rosemary Daun rosemary ternyata mengandung antioksidan, antiinflamasi dan  antiseptik sehingga bisa mengurangi peradangan. Selain itu, tumbuhan yang biasa dijadikan bumbu masakan atau teh ini bisa menyembuhkan sakit gigi, sakit gusi, dan radang tenggorokan. Keharuman rosemary dapat memberi efek menenangkan dan mengurangi sakit perut.

Ginseng Ginseng sudah lama dikenal sebagai herbal penambah stamina tubuh yang banyak dikonsumsi kalangan atlet. Kandungannya adalah glikosida, minyak atsiri, fitosterol, asam lemak, vitamin B, serta mineral. Ginseng berguna untuk menormalkan tekanan darah, mengurangi stres, serta kelelahan.

Jahe Jahe sangat bermanfaat untuk stamina tubuh. Rasa jahe yang pedas hangat dapat menghangatkan suhu tubuh. Jahe juga bagaikan ekspektoran alami yang dapat mengobati radang tenggorokan, batuk, dan pilek. Selain itu, jahe juga berguna mengatasi masalah pencernaan.

Noverita K. Waldan/TabloidNova