7 Kelebihan dan Kekurangan Jenis Kosmetik Berbasis Air

By nova.id, Selasa, 29 Maret 2016 | 07:30 WIB
7 Kelebihan dan Kekurangan Jenis Kosmetik Berbasis Air (nova.id)

Air punya segudang manfaat bagi manusia, termasuk apabila diterapkan pada kosmetik kita sehari-hari. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar kosmetik berbahan dasar air.

Tubuh manusia 90% terdiri dari air. Oleh karena itu, manusia butuh air untuk hidup. Air juga dibutuhkan untuk menjaga kulit manusia dari kekeringan. Kulit yang terlampau kering rentan terhadap iritasi. Dibutuhkan kelembapan agar kulit senantiasa terasa nyaman, tampak halus dan sehat.

Baca: Tips Agar Wajah Bebas Jerawat Meski Pakai Kosmetik

Dalam menjaga kelembapan kulit, selain dengan mengonsumsi air yang cukup, diperlukan produk kosmetik berupa pelembap untuk membantu kulit menahan air agar tidak mudah menguap.

Jika Anda seorang perempuan yang menggunakan kosmetik Anda pasti familiar dengan kosmetik yang memiliki banyak jenis bergantung dari bahan apa yang digunakan. Bahan-bahan tersebut akan memengaruhi warna dan tekstur dari kosmetik yang Anda gunakan. Dengan kata lain, ada 7 kelebihan dan kekurangan jenis kosmetik berbasis air yang perlu Anda ketahui:

Baca: Produk Kosmetik yang Tidak Perlu Anda Beli

Cermati Bahan Tambahan Ada banyak kebaikan dalam kosmetik berbahan dasar air, namun Anda pun harus tahu kekurangannya. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan kosmetik berbasis air?

1. Air banyak digunakan untuk produk pembersih karena sangat mudah digunakan dan dapat melunakkan lapisan kulit mati. Kotoran seperti debu pun larut dalam air.

2. Pelembap berbahan dasar air mampu meningkatkan kinerja foundation pada wajah mengingat teksturnya yang jauh lebih ringan dibanding produk berbahan minyak.

3. Pelembap berbahan dasar air aman digunakan seharian tanpa takut muncul jerawat, komedo, dehidrasi, bahkan pecah-pecah. Ini dikarenakan air akan terserap kulit dan sisanya menguap, sehingga tidak menyumbat pori-pori.

Baca: Micro Coated Particle, Teknologi Terkini Produk Kosmetik Wajah

4. Pelembap berbahan air merupakan dasar makeup paling efektif karena ringan dan cepat diserap kulit. Jadi, tak perlu menunggu lama untuk memulas makeup.

5. Agar lebih optimal, air perlu ditambah bahan dasar lain, seperti alkohol, minyak, pewarna, pewangi, atau surfactant (sabun). Namun, Anda harus cermat dengan penggunaan bahan-bahan tambahan tersebut, karena pada jenis kulit sensitif dapat menyebabkan iritasi. Maka, untuk pemilik kulit sensitif disarankan menggunakan kosmetik berbahan micellar water, yaitu air yang sudah melalui proses pemurnian sehingga kinerjanya dalam membersihkan make up dan wajah lebih baik dari air biasa.

Baca: Sebesar Apa Manfaat Produk Perawatan Kulit Berbasis Air?

6. Kini tak sebatas skincare, produk makeup dekoratif berbahan air pun banyak bermunculan, seperti foundation, mascara, eyeliner, blush on. Kelebihannya, warna yang lebih natural serta tekstur yang ringan.

7. Sayangnya, primer dan foundation berbahan air cenderung kurang menutup pori dan tidak tahan lama.

Lena Anjani/TabloidNOVA Dari berbagai sumber