Ini Waktu Terbaik Konsumsi Karbohidrat Untuk Perempuan dan Pria

By nova.id, Selasa, 29 Maret 2016 | 11:00 WIB
Ini Waktu Terbaik Konsumsi Karbohidrat Untuk Perempuan dan Pria (nova.id)

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari England’s University of Surrey, seseorang harus mengonsumsi karbohidrat di waktu yang tepat sesuai jenis kelamin demi mendapatkan pembakaran kalori maksimal pada sesi olahraga. Dengan kata lain, waktu terbaik mengonsumsi karbohidrat menurut jenis kelamin sangat penting untuk kesehatan.

Ketika pria mengonsumsi karbohidrat setelah olahraga, tubuh mereka akan membakar lebih banyak kalori dan lemak selama tiga jam pasca olahraga ketimbang para pria yang makan karbohidrat sebelum olahraga.

Sedangkan untuk perempuan, kondisi itu justru terjadi sebaliknya. Perempuan yang makan karbohidrat sebelum olahraga, akan membakar kalori dan lemak lebih banyak. Sementara bagi perempuan yang makan karbohidrat setelah sesi olahraga, mengalami pembakaran yang lebih sedikit.

Baca: Ingin Tetap Langsing? Ini Cara Sehat Konsumsi Karbohidrat

Untuk mengonfirmasi hasil tersebut, para peneliti bekerja sama dengan salah satu show BBC Trust Me, dan melibatkan Dokter untuk menganalisis kembali penelitian tersebut.

Dalam sesi tersebut, responden pria dan wanita mengambil tiga kelas latihan Zumba, HIIT, dan spinning selama satu bulan dan mengonsumsi karbohidrat sebelum atau setelah latihan.

Baca: Ini yang Terjadi Jika Tubuh Berhenti Konsumsi Karbohidrat

Hasil yang didapat pun sama, pria yang mengonsumsi karbohidrat setelah olahraga dan wanita yang mengonsumsinya sebelum olahraga berhasil membakar kalori dan lemak lebih banyak.

Menurut penulis studi Adam Collins, Ph.D., ada bukti yang menunjukkan bahwa saat pria berolahraga tanpa ada asupan karbohidrat, maka tubuh pria akan beradaptasi lebih besar dalam membakar lemak dan membentuk otot.

Baca: Yuk, Santap 6 Jenis Karbohidrat yang Berdampak Baik untuk Anda!

Bestari Kumala Dewi/KompasHealth Sumber: MSN