Wajah Bebas Bintik Hitam dan Kutil dengan Perawatan Electro Cauter

By nova.id, Kamis, 31 Maret 2016 | 09:00 WIB
Hilangkan Bintik Hitam dan Kutil dengan Perawatan Electro Cauter (nova.id)

Sehari-hari terpapar polusi udara dan debu, serta pemakaian kosmetik yang tidak tepat membuat kulit wajah terlihat tidak sehat. Bahkan, minyak dan kotoran dapat menyumbat pori-pori yang kemudian menimbulkan komedo dan jerawat.

Di usia lewat 30 tahun keluhan di kulit wajah pun bertambah dengan adanya noda atau bintik hitam, kutil, tahi lalat, hingga milia (lemak di permukaan kulit). Jika jumlahnya semakin banyak, tentu akan mengganggu penampilan.

Kini keluhan tersebut salah satunya bisa diatasi dengan treatment electro cauter. Dengan jarum kecil yang steril, dokter spesialis akan “membakar” atau menghancurkan jaringan-jaringan yang tidak diinginkan. Tak perlu khawatir, selama dilakukan sesuai prosedur dan oleh dokter ahli, treatment ini aman dan hanya memerlukan waktu singkat. Dengan kata lain, lakukan metode cara menghilangkan bintik hitam di wajah dan kutil dengan perawatan electro cauter.

Baca: Begini Prosedur Perawatan "Chemical Peeling" Yang Benar

Pertama, wajah pasien akan dibersihkan dengan tujuan tidak terjadi kekeliruan saat menganalisis kulit.  Lalu dokter akan mengoleskankan krim anastesi pada area yang akan di-treatment. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga area yang dioles terasa kebas.

Tindakan electro cauter kemudian dilakukan dengan bantuan jarum kecil pada area wajah yang dikehendaki. Dokter bisa melakukan berulang kali hingga bersih. Dan diakhiri dengan mengoleskan salep anti iritasi yang harus digunakan setiap pagi dan malam setelah treatment. Tak lupa pakai tabir surya di siang hari untuk melindungi area yang di-cauter dari sinar matahari.

Baca: Mengenal Oxydermal, Suntik Putih Kecantikan yang Kontroversial

6 Aturan yang harus dipahami sebelum dan sesudah perawatan electro cauter: 1. Jangan menggunakan krim malam yang bersifat pengelupasan kurang dari 5 hari setelah proses electro cauter. 2. Gunakan krim antibiotik yang diresepkan untuk mempercepat keringnya luka-luka kecil tersebut.

Baca: Ini Dia, 4 Metode Perawatan Anti Penuaan Terbaru

3. Hati-hati saat mengeringkan wajah agar luka kecil tidak mengelupas secara paksa. Jangan pula menggaruk agar tidak meninggalkan bekas warna gelap pada kulit. 4. Makeup boleh digunakan jika luka sudah mengering agar tidak terjadi infeksi sekunder akibat makeup. 5. Pasien dianjurkan berkonsultasi seminggu setelah tindakan untuk melihat hasil treatment. 6. Bintik hitam, kutil atau milia terjadi utamanya karena faktor genetic dan usia. Artinya, setelah beberapa tahun tindakan cauter bisa saja muncul kembali baik di tempat yang sama atau berbeda.

Model: Astrini | Makeup & Hairdo: Neni, 081932584509. IG: Neng_neni | Busana Koleksi: WM Collection, 021-5857635 | Lokasi: Impressions Body Care Centre Pondok Indah | Konsultasi  & Perawatan: dr. Fitria Diena, Impression Body Care Centre Central Cikini Building. Jl. Cikini Raya 58, telp. 021-3926445 fax. 021-31922084 | Naskah & Pengarah Gaya: Ita Adnan | Foto: Romy Palar/NOVA