Lengkap! Tips Aplikasi Eyeshadow Sesuai 6 Bentuk Mata

By , Kamis, 7 April 2016 | 07:15 WIB
Lengkap! Tutorial Aplikasi Eyeshadow Sesuai 6 Bentuk Mata (Nova)

Bagi orang awam, mengaplikasikan eyeshadow mungkin terasa sulit atau merepotkan. Terlebih, penggunaan eyeshadow saat merias wajah dianggap sepele dan tidak memerlukan teknik.

Padahal, salah mengaplikasikan eyeshadow pada mata dapat menciptakan kesan mata nampak tidak proporsional atau bahkan terlihat lebih sipit.

Pasalnya, ada tutorial mengaplikasikan eyeshadow sesuai 6 bentuk mata yang berbeda-beda pada setiap orang. Ya, seperti halnya hidung dan bentuk wajah, mata juga memiliki berbagai model bentuk seperti mata sipit, mata tanpa garis lipatan kelopak, mata bulat, mata almond dan sebagainya.

Ini yang nantinya berpengaruh terhadap teknik pulasan eyeshadow sesuai jenis bentuk mata agar riasan nampak sempurna nan cantik. Memang, bila Anda punya bujet berlebih, Anda dengan mudahnya memakai jasa perias wajah atau makeup artist profesional.

Tapi, bukankah lebih hemat dan praktis bila Anda dapat mencobanya sendiri di rumah saat sedang ingin ke pesta atau sekedar riasan wajah ke kantor.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, simak dengan baik tutorial aplikasi eyeshadow sesuai 6 bentuk mata yang mudah dicoba dari tabloidnova.com, berikut ini:

A. Mata turun atau sedih (downturned eyes) Makeup mata sehari-hari: 1. Sapukan warna terang di seluruh area kelopak mata dan di dalam lipatan mata. 2. Untuk memberi kesan mata terangkat dan tegas, sapukan warna agak gelap di setengah bagian  kelopak mata hingga sisi luar sudut mata. 3. Bubuhkan warna lebih gelap di setengah area sudut terluar mata dengan jenis eyeshadow matte.

Makeup mata malam hari: 1. Sapukan eyeshadow warna terang berjenis shimmer di setengah bagian lipatan kelopak mata. 2. Aplikasikan warna agak gelap di setengah bagian atas sudut terluar mata. 3. Baur warna eyeshadow lebih gelap yang jatuh persis di sudut terluar bulu mata untuk memberi kesan tegas pada mata.

Baca: 2 Kombinasi Pulasan Eyeshadow Warna Ungu yang Dramatis

B. Mata tanpa garis lipatan kelopak mata (monolid eyes) Makeup mata sehari-hari: 1. Sapukan eyeshadow warna terang hingga menyentuh keseluruhan bagian atas lipatan mata. 2. Untuk menciptakan kesan adanya lipatan kelopak mata, aplikasikan bayangan sedikit membentuk garis di antara setengah lipatan kelopak mata. 3. Bubuhkan garis kembali dengan eyeshadow warna hitam atau eyeliner warna hitam tepat di atas setengah kelopak mata dengan ujung jatuh tepat di sudut luar mata.

Makeup mata malam hari: 1. Pulaskan eyeshadow warna terang sampai hampir  menyentuh rambut bulu alis bagian bawah. 2. Untuk memaksimalkan kesan lipatan kelopak mata, tambahkan eyeshadow warna agak gelap  sebagai bayangan di seluruh lipatan kelopak mata. 3. Gunakan eyeshadow warna hitam untuk membingkai garis atas mata dan keseluruan lingkaran mata sebelum mengenakan eyeliner. Baur dengan sempurna.

Baca: Pulasan Eye Shadow Warna Biru Ala Jennifer Lopez, Berani Coba?

C. Mata berkantung atau seperti bengkak (hooded eyes) Makeup mata sehari-hari: 1. Agar lipatan mata yang terkesan bengkak tidak terlihat, hindari penggunaan eyeshadow jenis  shimmer dan pilih yang matte. 2. Pulaskan di setengah area kelopak mata dan baur  sedikit menggunakan warna agak gelap untuk memberi ilusi mata lebih terbuka. 3. Bubuhkan eyeshadow di sepanjang kelopak atas mata yang agak menebal di bagian sudut terluar.  Kemudian baur merata agar nampak natural.

Makeup mata malam hari: 1. Demi menciptakan kesan mata dramatis, aplikasikan highlight di tulang pelipis mata dan sudut dalam mata. 2. Pulaskan warna agak gelap di keselutuhan kelopak mata yang sedikit agak meninggi di persis bagian bawah tulang pelipis mata. Baur merata agar nampak natural. 3. Bubuhkan eyeshadow warna gelap di setengah bagian kelopak mata dengan pengulangan sedikit  warna gelap di setengah sudut terluar mata. Baur kembali secara sempurna.

Klik halaman selanjutnya untuk melihat 3 cara memulas eyeshadow sesuai bentuk mata secara lengkap.